Pemuda Muhammadiyah: Kelas Daring Tingkatkan Kualitas LKP

KUNINGAN,- Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) menggelar workshop dengan tema Implementasi Kelas Daring sebagai bentuk perjuangan ditengah-tengah keprihatinan Lembaga  Kursus dan Pelatihan (LKP).

Ketua PDPM Sadam Husen, melalui visi Pemuda Beraksi Kuningan Mandiri, pihaknya mencoba mengejawantahkan dalam aksi nyata kiprah organisasi pemuda untuk hadir ditengah-tengah perkembangan jaman di era industri 4.0. 

"Ini menjadi tantangan tersendiri, kami menggelar workshop untuk mempersiapkan, mencetak sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi. Dengan memberikan pembekalan keahlian digital marketing,” ujar Sadam, kepada PortalJabar.Net, di Lembah Ciremai, Kamis (7/11).

Masyarakat Kuningan, menurut Sadam, adalah market yang potensi. Namun mereka terlalu berada zona nyaman, sehingga melewatkan dan merelakan market itu diambil oleh industri-industri besar yang sudah jauh lebih awal menggarap potensi market melalui daring.

"Pemuda Muhammadiyah dalam aksi nyatanya, kami membentuk LKP dengan nama Pelita Karya. Harapan dan targetnya kami untuk LKP ini bisa memberikan sumbangsih, aksi kami dalam mencetak SDM pemuda yang unggul, maju, dan berdaya saing," harapnya.

Di tempat yang sama, Staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilham Ramdani menerangkan, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Dimana LKP ini merupakan bagian dari pendidikan nonformal, dan sangat memberikan kontribusi bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan. 

"Jadi pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional," terangnya. 

Satuan pendidikan nonformal, dikatakan Ilham, terdiri atas lembaga kursus, pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenisnya. 

Dia berharap, melalui workshop dengan Implementasi Kelas Daring bisa membantu LKP semakin maju, berkembang, dan menjadi lembaga terdepan. 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop LKP. Diharapkan, peserta bisa mengimplementasikan di lembaga-lembaganya. 

"Mudah-mudahan dapat bermanfaat, dan di era saat ini tentunya bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam penerapan digitalisasi," pungkasnya. (om/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News