Turap Dibangun Tidak Sesuai Spesifikasi

KARAWANG,- Saat ini dana desa tengah menjadi sorotan, karena sering dijadikan bancakan oknum kepala desa dan perangkatnya.

Seperti terjadi di Desa Sumurgede, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, dimana pemerintah desa membangun TPT (Tembok Penahan Tanah) JUT (Jalan Usaha Tani), di Bengkok Dusun IV RT 003/004 

Bangunan bervolume 500 m × 0,3 m x 0,8 m, dikerjakan dengan biaya sebesar Rp.197.836.500, yang anggarannya berasal dari Dana Desa Tahun 2019. 

Diketahui proyek tersebut dikerjakan tanpa memperhatikan spesifikasi sesuai Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

Karena menjadi polemik di masyarakat, pendamping Desa Sumurgede, Haji Mahrus, mengklaim telah turun ke lapangan dan sudah melakukan perbaikan turap asal jadi tersebut.

"Sudah lihat lokasi lakukan tindakan yang sesuai prosedur untuk proyek  seperti apa yang sesuai RAB. Ya (sudah diperbaiki) semuanya," ujar Mahrus, belum lama ini.

Namun, Mahrus enggan menjelaskan apa saja yang sudah diperbaiki dari proyek turap tersebut. Tak hanya itu, Mahrus pun enggan memberikan bukti-bukti terkait perbaikan yang telah dilakukannya.

Mahrus hanya meminta agar masyarakat saling mengawasi dan memberitahu seluruh progres pembangunan yang bersumber dari APBN. (uya/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News