Tak Ada Praktik Percaloan CPNS Di Kabupaten Cirebon

CIREBON,- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil pada November 2019 ini.

Diketahui Kabupaten Cirebon mendapat jatah formasi dari Kemenpan RB sebanyak 176 formasi. Hal itu sesuai keputusan Menpan RB nomor 482 tahun 2019 tanggal 27 September 2019 tentang penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Cirebon tahun anggaran 2019.

Begitupun penetapan formasinya, sudah berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS. 

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengingatkan masyarakat yang ikut mendaftar CPNS agar tidak mempercayai adanya tawaran dari calo-calo yang mengaku bisa meluluskan tes CPNS.

“Kalau ada tawaran bahwa bisa memasukkan ke PNS, itu bohong. Karena semua pakai sistem, pakai tes. Yang lolos ya lulus, tidak ada orang yang bisa meluluskan,” tegasnya, di Cirebon, Senin (10/11).

Jika memang dikemudian hari ditemukan ada calo, Imron meminta masyarakat untuk melaporkan langsung ke aparat berwenang. 

“Ya kalau memang benar ada calo yang menawarkan segera laporkan ke kepolisian. Calo-caloan itu tidak ada. Dan tesnya juga langsung oleh pusat,” katanya.

Bupati mengimbau kepada masyarakat yang mendaftar CPNS agar mengikuti sistem yang telah ditentukan. Untuk itu, bagi masyarakat yang kurang memahami teknis pendaftaran, agar datang langsung ke kantor BKPSDM Kabupaten Cirebon guna menanyakan teknis pendaftaran dan penerimaan PNS di Kabupaten Cirebon. 

“Setelah itu, berusaha untuk bisa lulus tes dengan cara banyak belajar dan berdoa,” pungkasnya. (abr/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News