Pemuda Jangan Bersikap Eksklusif

MAJALENGKA,- Pemerintah Kabupaten Majalengka meminta para pemuda yang tergabung dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, dan menggagas program yang sejalan visi-misi Majalengka Raharja.

"Karakter pemuda itu memiliki ciri khas tersendiri. Pola dalam melaksanakan kegiatan pun harus berbeda. Jadi pemuda dalam mengisi pembangunan itu harus inovatif dan kreatif, dalam membaca setiap peluang yang ada," ujar Bupati Majalengka Karna Sobahi, saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus DPD KNPI Majalengka periode 2019-2023, di Gedung Yudha Abdi Karya, Senin (11/11).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD KNPI Majalengka Sultan Saddam dilantik pengurus KNPI Jawa Barat bersama puluhan jajaran pengurus lainnya.

Masih dikatakan Karna, para pemuda juga harus membangun komunikasi dengan para pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Majalengka. Tujuannya untuk menggali dan membaca peluang apa yang perlu dilakukan pemuda dalam bersinergi membangun suatu daerah.

"Kalau pemuda bersikap ekslusif, atau terjebak dalam politik praktis itu sangat berbahaya dan tidak menguntungkan. Yang perlu dibangun itu pemuda harus bergerak kesemua arah, bersikap dinamis, dan memiliki semangat yang tinggi dalam membangun suatu daerah,” ujar Karna.

Dia juga berpesan, agar dalam memajukan KNPI diperlukan kempemimpinan kolektif kolegial. Pasalnya, ditubuh KNPI itu hadir beragam latar belakang pengurus dari berbagai organisasi.

“Tidak bisa membangun KNPI dengan gaya otoriter. Tapi harus  melibatkan partisipasi seluruh elemen masyarakat," tukasnya.    

Penegasan serupa diungkapkan Bendahara KNPI Jawa Barat Indra Sudrajat. Dia menerangkan, para pemuda Majalengka harus mampu bersinergi dan menjual program ke pemerintah agar bisa ikut serta dalam membangun Majalengka. Terlebih, kedepan Indonesia akan mengalami bonus demografi yang akan lahir usia produktif mencapai 51 persen pada tahun 2020 mendatang. Tentunya potensi ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"KNPI Majalengka juga harus solid, jaga kekompakan. Terus berinovasi dalam pembangunan," ucapnya. 

Ketua KNPI Majalengka Sultan Saddam mengatakan, pihaknya mengucapkan terima-kasih kepada Pemkab Majalengka dan semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan pelantikan ini.

“Kebetulan pelantikan ini  dengan momentum hari pahlawan. Kita jadikan momentum ini untuk melahirkan pahlawan-pahlawan baru sesuai dengan kondisi kekinian,” cetusnya.

Dijelaskan dia, pahlawan yang dimaksud setidaknya harus memberikan manfaat bagi seluruh elemen masyarakat sesuai dengan 

kemampuannya masing-masing.

“Kita pemuda Majalengka siap bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Majalengka dalam mewujudkan Majalengka 

Raharja," pungkasnya. (man/*) 

Tags:

Berita Terkait

Related News