Kota Bandung Masih Kekurangan Puskesmas

BANDUNG,- Sejauh ini, Kota Bandung baru memiliki 80 puakesmas yang tersebar di 30 kecamatan. Namun, jumlah tersebut belum disebut ideal untuk melayani 2,5 juta warga Kota Bandung.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Yorisa Sativa mengatakan, setelah mengkaji dan menghitung, dengan jumlah 80 puskesmas belum bisa mewakili atau cukup melayani masyarakat Kota Bandung.

"Perhitungan ideal satu puskesmas bisa mencakup 30.000 penduduk," kata Yosira, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (12/11).

Guna memenuhi kebutuhan puskesmas, Pemerintah Kota Bandung akan membangun empat puskesmas baru. Sehingga, berdasarkan kajian, empat puskesmas baru ini mampu mewakili kekosongan pendudukan yang masih kekurangan layanan.

Oleh karenanya, sambung Yosira, pertimbangan lokasi puskesmas baru ini akan dilihat dari keberadaan puskesmas yang ada dengan jumlah pengunjungnya. Sehingga, puskesmas baru bisa menjadi alternatif agar tidak terjadi penumpukan pasien sekaligus mempercepat pelayanan.

"Misalkan ada satu puskesmas terlalu gemuk, maka kita wakili dengan puskesmas itu. Jadi 30.000 penduduk bisa terwakili oleh satu puskesmas. Saat ini kita sedang memetakan agar seluruh puskesmas bisa mendapatkan sasaran pasien secara merata," bebernya.

Selain menambah jumlah puskesmas, Dinkes Kota Bandung juga tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Indikasinya, yakni mendongkrak 21 puskesmas yang masih terakreditasi kategori puskesmas dasar.

"Kita upayakan di tahun 2020 tidak ada lagi puskesmas berlevel dasar dan madya. Minimal itu harus utama dan lebih baik lagi paripurna," pungkasnya. (pan/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News