Epitech XIII, Ajang Kemajuan SMK

KUNINGAN,- Pameran Pendidikan Kejuruan tingkat Jawa Barat atau ‘Epitech XIII Jabar 2019’ digelar selama tiga hari, 12-14 November, di Terminal Tipe A Kertaungaran Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika mengatakan, Epitech secara bergiliran rutin diselenggarakan di setiap kabupaten/kota. Kali ini, Kabupaten Kuningan yang menjadi tuan rumah. Sebanyak 10.000 peserta didik hadir dalam kegiatan tersebut, diisi 135 stan yang dapat dikunjungi.

“Kegiatan Epitech adalah bentuk visualisasi secara objektif dan akuntabel terhadap perrforma sekolah menengah kejuruan (SMK) dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat,” ujar Dewi, Selasa (12/11). 

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter, mandiri, dan berdaya saing guna menciptakan kemajuan, serta kesejahteraan masyarakat Jabar. 

Kegiatan yang menyajikan berbagai macam karya kreatif dan inovatif dari siswa SMK unggulan, SMK revitalisasi, dan produk teaching factory SMK ini, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran produktif di Jabar.

“Pergelaran Epitech XIII Jabar ini juga menghadirkan produk teknologi dari dunia usaha dunia industri (DUDI) untuk membangun link andmatch dengan SMK di Jabar. Selain itu, sebanyak 29 perusahaan nasional membuka job fair (bursa kerja) bagi lulusan SMK/SMA/MA,” paparnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama menyampaikan terimakasi kepada Pemprov Jabar karena dipercaya sebagai tuan rumah Epitech ke-XIII tingkat Jabar. Adanya pameran karya-karya nyata pelajar SMK ini, diyakini dapat membawa manfaat yang baik bagi kemajuan pendidikan di Kuningan.

“Walaupun Kuningan terletak di ujung timur Jawa Barat, kami sedikit demi sedikit sedang melakukan pembangunan di segala bidang. Kami ingin menjadi kabupaten yang maju, ditunjang oleh sumber daya manusianya, sehingga kegiatan ini memberi ruang bagi generasi muda agar terus berinovasi,” urainya. (om/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News