Pemkab Bandung Komitmen Ciptakan SDM Unggul

BANDUNG,- Bupati Bandung Dadang M Naser menekankan, jika peringatan hari pneumonia sedunia bisa menjadi momen untuk mempecepat perwujudan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Kabupaten Bandung.

Pneumonia merupakan pembunuh utama balita di dunia. Untuk menekan penyakit tersebut di Kabupaten Bandung, Pemerintah Kabupaten sangat concern terhadap pembinaan SDM mulai balita, bina remaja dan bina lansia.

"Kita upayakan, ibu menyusui harus melindungi bayinya dengan ASI eksklusif selama enam bulan. Diberi makanan pendamping ASI (MPASI) setelah usia enam bulan hingga dua tahun. Mencegah pneumonia ini bisa dengan imunisasi dasar yang lengkap, CPTS, sirkulasi udara bersih tanpa asap dan stop merokok,” ujar Dadang, Selasa (12/11).

Tidak saja fokus pada penanganan pneumonia, kata Dadang, pemerintah daerah pun melakukan upaya preventif dan promotif guna menekan angka stunting di Kabupaten Bandung.

"Untuk menekan angka stunting, kita perhatikan kondisi ibu dari mulai hamil hingga menyusui. Harus terpenuhi juga asupan gizi ibu dan anaknya. Sementara untuk bina remaja, anak-anak perempuan diberi nutrisi yang mengandung zat besi. Tak hanya itu, untuk mencegah stunting kita pun menghadirkan Pasar Ikan Modern Sabilulungan, agar asupan makanan ikan ini turut mencegah stunting di Kabupaten Bandung,” pungkasnya. (pan/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News