Jika Balon Kades Lebih Dari 5, Sisanya Digugurkan Pada Tahap Tes Tertulis

KARAWANG-  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Ade Sudiana menjelaskan bahwa lembaganya akan melakukan penyeleksian terhadap 186 orang Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) dalam Pemilihan Kepala Desa (pilkades) 2020 mendatang

Nantinya kata Ade, Balon Kades yang tidak memenuhi persyaratan administrasi maka tidak bisa ikut serta dalam tes tertulis yang rencananya bulan Januari 2020.

Lalu Panitia 11 akan menetapkan calon yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti tes tertulis di 45 desa di Kabupaten Karawang yang melaksanakan Pilkades

Menurut Ade, untuk saat ini tahapan Pilkades 2020 masih melakukan penelitian berkas kemudian administrasi dan tes tertulis.

Nantinya ketika memasuki tahapan tes tertulis akan ada yang dieliminasi bagi Desa yang Balon Kadesnya berjumlah lebih dari 5 orang. Balon Kades yang tereliminasi adalah yang nilainya terkecil.

"Dengan tes tertulis nanti tereliminasi sendiri bagi Balon Kades yang lebih dari 5 orang. Karena Pilkades hanya boleh diikuti Calon Kades minimal 2 orang dan maksimal 5 orang," jelasnya.

Selain itu kata Ade, untuk titik potensi konflik di Pilkades nanti, pihaknya tidak bisa menentukan karena bukan kewenangannya. Ia akan berkordinasi terlebih dahulu dengan pihak kepolisian yaitu Polres Karawang."Saya berharap dalam Pilkades nanti berjalan aman dan damai, tak ada konflik," ungkapnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News