Sentra Keramik Plered Purwakarta, Sentra Produksi Keramik Lokal Yang Mendunia

Sejak lama objek wisata Sentra Keramik Plered di Purwakarta telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sentra kerajinan keramik yang memiliki daya tarik dari sisi keindahan sangat menarik untuk dikunjungi. Pasarnya yang telah menembus Eropa, Sentra Kerajinan Keramik Plered saat ini telah menjadi tempat wisata budaya yang ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Kegiatan Produksi Pembuatan Keramik

 

Berlokasi di Jl. Raya Anjun, Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Pembuatan keramik Plered ini telah berlangsung secara turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904.

Pada awalnya, masyarakat sekitar membuat keramik dari tanah liat merah dan termasuk gerabah untuk memenuhi perkakas rumah tangga. Dengan mengandalkan keunggulan dari sisi desain dan warna yang menarik, pada perkembangannya kerajinan tersebut mampu menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat sekitar. 
Kini, produksi gerabah pun telah menjadi mata pencarian masyarakat Plered. Bentuknya pun sudah bermacam macam, seperti hewan, buah-buahan, celengan, pot, dan lain lain. Dengan demikian, tidaklah heran apabila  kerajinan tersebut dianggap sebagai ciri khas masyarakat Plered.

Keramik hasil produksi plered sebelum finising

 

Uniknya, saat kamu berkunjung ke lokasi itu. Kamu juga bisa menyaksikan pembuatan kerajinan keramik secara langsung. Dan saat membeli kerajinan ke sana langsung harga lebih murah dan terjangkau. Ada yang dijual mulai Rp5.000, sampai ratusan ribu rupiah. Keramik yang dihasilkan Plered, biasanya dijual ke beberapa kota lain, termasuk Jakarta. Sebagian bahkan menembus pasar ekspor ke sejumlah negara di daratan Tiongkok maupun Eropa, seperti Belanda dan Rusia. (ADV)

Tags:

Berita Terkait

Related News