Farhan: Generasi Muda Harus Pahami Makna Pancasila

BANDUNG,- Anggota MPR RI fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan melakukan sosialisasi empat konsensus kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia,dan Bhinneka Tunggal Ika) kepada kalangan pelajar dan santri di taman belajar Al-Afifiyah, Bandung, Rabu (27/11) malam.

Sosialisasi empat konsensus kebangsaan ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan ideologi kebangsaan yang kuat sebagai anak bangsa sehingga tumbuh tingkat kesadaran pada generasi muda Indonesia.

"Kami menyasar kalangan pelajar dan milenial karena bertujuan untuk menanamkan dan membangun pondasi ideologi kebangsaan yang kuat pada generasi muda Indonesia yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa ini," kata Farhan di sela kegiatan.

Menurut Farhan, sosialisasi 4 konsensus kebangsaan ini menjadi sangat penting, karena bangsa Indonesia sudah sangat terpecahlah oleh berbagai event politik. Dimulai dari Pemilihan Pilpres (Pilpres) 2014, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 hingga Pilpres 2019.

"Perpecahan ini dimanfaatkan betul oleh orang-orang yang ingin menggantikan konsensus kebangsaan ini. Kini saatnya kita rekatkan kembali apalagi pucuk pimpinan kompetitor itu sudah bergabung bersama menjadi satu tim untuk membangun bangsa. Kita-kita yang dibawah juga harus merekatkan diri membangun bangsa," bebernya.

Farhan menambahkan, banyak orang yang hapal Pancasila. tetapi mereka jarang yang memahami makna dari Pancasila itu sendiri dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya sosialisasi empat konsensus kebangsaan yang bertema “Peran Milenial dalam Memperkuat Nilai-Nilai Kebangsaan" ini, diharapkan generasi muda tidak hanya hapal dengan Pancasila, melainkan juga memahami tentang makna Pancasila dan UUD 1945 itu sendiri.

"Harapan kami generasi muda di Bandung dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI, dapat lebih menghargai ke-Bhineka-an di Indonesia dan tidak mudah terjerumus pada hal-hal yang dapat merusak NKRI dan radikalisme," ujar mantan presenter acara televisi ini.

Di tempat yang sama, Pimpinan taman belajar Al-Afifiyah KH. Wahyul Afif Al-Ghofiqi sangat menyambut baik adanya sosialisasi empat konsensus kebangsaan yang dilaksanakan oleh anggota MPR RI tersebut.

"Generasi muda Indonesia perlu memahami nilai-nilai Pancasila, sehingga kasus-kasus seperti tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba atau terpengaruh paham lain tidak sampai terjadi. Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi para Anggota MPR RI seperti Kang Farhan sekarang ini sebagai langkah untuk membangun ideologi anak bangsa yang kuat," tandasnya Wahyu yang juga menjabat sebagai Sekretaris NU dan anggota FKUB Kota Bandung ini. (nie/*)

 

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News