Tanggul Irigasi Jebol, Rumah Warga Dan Puluhan Hektar Sawah Digenagi Air 

KARAWANG, Dampak tanggul irigasi yang jebol pada Minggu (1/12) Kemarin, rumah warga dan puluhan hektar sawah yang berlokasi di dusun Rengas Jaya Rt 02/01 Desa Baturaden Kecamatan Batujaya terkena imbasnya. Air irigasi menggenangi rumah rumah warga dan menggenangi puluhan hektar tanaman padi petani.

Diketahui, tanggul yang jebol tersebut sepanjang kurang lebih lima meter, dan itu merupakan wilayah Perum Jasa Tirta (PJT) II. Warga berharap, pihak terkait segera memperbaiki tanggul secara permanen dengan dibuatkan TPT/Drainase.

"Tanggul jebol disebabkan air irigasi yang melimpas, secara perlahan air mengikis tanggul sehingga membuat jebolnya tanggul, pada minggu siang kemarin. Tanggul yang jebol panjangnya kurang lebih lima meter, dampaknya selain menggenangi rumah rumah warga, puluhan hektar sawah di wilayah Desa Baturaden terendam, mengakibatkan petani terancam gagal panen," Ujar Rano Karno, Kepala Desa Baturaden pada portaljabar.net, senin (2/12)

Lanjut dia, saya berharap kepada PJT II dan Dinas terkait agar segera tanggul yang jebol tersebut di perbaiki secepatnya dan harus di turap atau di tembok penahan tanah, karena rawan jebol tanggul tersebut. 

"Tadi siang kami bersama perangkat Desa sudah berusaha untuk membendung tanggul yang jebol, tapi tidak tahan dengan derasnya air irigasi yang sedang besar," jelasnya.

Tambahnya, agar dinas terkait memperbaiki tanggul jebol tersebut karena dampaknya merugikan masyarakat luas, "saya berharap PJTII dan dinas terkait agar segera memperbaikinya, karena ini sangat merugikan baik masyarakat Desa Baturaden maupun Masyarakat Desa lain," Tutupnya. (wins)

Tags:

Berita Terkait

Related News