Tahun 2019 Penderita HIV Aids Di Kota Cirebon Menurun, Dibandingkan Tahun Lalu

CIREBON - Jumlah penderita HIV Aids di Kota Cirebon menurun jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. Di tahun 2019 ini Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Cirebon mencatat terdapat 70 penderita baru. Sementara pada tahun 2018 lalu sebanyak 115 penderita.

Dijelaskan Sekretaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati bahwa penyeberan penderita HIV Aids terbanyak pada tahun 2019 ditemukan di Kecamatan Harjamukti.

"Terbanyak di Kecamatan Harjamukti selain karena wilayahnya luas daerah ini juga sebagai daerah hot spot karena di sana terdapat beberapa komunitas," katanya. Senin (02/12/2019)

Menurut Sri, sebagian besar resiko penularan HIV Aids di Kota Cirebon melalui hubungan seks bebas baik yang hetero maupun homoseks.

"Penularan HIV Aids ini sebagian besar disebabkan karena hubungan seks bebas, " katanya.

Sementara itu, total penderita HIV Aids di Kota Cirebon hingga tahun 2019 ini, sebanyak 1196. 600 orang diantaranya merupakan warga Kota Cirebon sedangkan sisanya warga pendatang yang bekerja di Kota Cirebon.

"Penderita HIV Aids yang terdata ini, bukan hanya warga lokal Kota Cirebon saja, melainkan warga pendatang juga ada. Dan usianya antara 17 - 55 tahun," katanya.

Dalam menanggulangi penderita HIV Aids ini, lanjut Sri KPA dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon akan terus berupaya mengurangi penyeberan HIV Aids. 

"untuk mewujudkan komitmen 2030 ini tidak ada lagi penderita baru HIV Aids, KPA dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon akan terus memberikan informasi pendidikan seks khususnya kepada remaja terkait seks beresiko, agar remaja paham akan bahaya melakukan seks bebas, "jelasnya. (abr)

Tags:

Berita Terkait

Related News