Peduli Sesama, Advokad Squad Ramai-Ramai Donorkan Darah

BANDUNG,- Puluhan advokat yang tergabung dalam Advokat Squad ramai-ramai mendonorkan darahnya di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Kegiatan yang dilakukan demi kemanusiaan ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Bandung yang mencapai 400 labu setiap harinya.

"Ya ini merupakan kegiatan kemanusiaan dari teman-teman advokat. Hari ini ada sekitar 50 orang yang mendonorkan darahnya," kata Ketua Pelaksana, Rio di PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (5/12).

Menurutnya kegiatan donor darah tersebut merupakan agenda rutin, yang tetap dilaksanakan ditengah kesibukan sebagai advokat. Dengan kegiatan sosial ini, ia berharap dapat membantu kebutuhan stok darah di Kota Bandung.

"Intinya kita kedepankan untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama," tuturnya.

Rio menjelaskan bahwa selain melakukan bantuan hukum atau advokasi kepada warga yang membutuhkan, pihaknya juga berupaya melaksanakan berbagai kegiatan sosial ditengah masyarakat.

"Kita terus laksanakan kegiatan sosial, seperti donor darah ini yang rutin setiap tiga bulan sekali. Serta bantuan advokasi bagi masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Medis PMI Kota Bandung, Benardi Wigena Kusuma berharap dengan bantuan donor darah tersebut, dapat memenuhi kebutuhan stok labu darah. Terlebih paling tidak ada 400 labu darah yang dibutuhkan bagi Kota Bandung dan sekitarnya.

"Kegiatan sosial ini dapat membantu saudara-saudara kita yang dirawat dirumah sakit, terutama yang transfusi darah," katanya.

Dikatakannya dalam memenuhi kebutuhan stok darah, selain membuka donor darah di Gedung PMI Kota Bandung, juga ada petugas yang melakukannya secara mobile ke pabrik, perusahaan dan lain sebagainya.

Diakuinya bahwa stok darah mengalami penurunan ketika pada masa bulan puasa, karena berkurangnya masyarakat yang mendonorkan darahnya.

"Diharapkan sebelum maupun ketika bulan puasa, tetap banyak yang mendonorkan darahnya. Karena kebutuhannya tetap," tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News