Jalin Kerjasama Antara Universitas Buana Perjuangan (UBP)  Karawang Dengan Universitas Ma'soem Sumedang

Karawang - Hari ini, Kamis  5 Desember 2019 menjadi hari bersejarah bagi Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang dan Universitas Ma'soem Sumedang. Untuk mempererat tali silaturahmi kedua belah pihak sepakat menandatanganni Memorandum Of Understanding (MOU). Selain itu tujuan MOU ini sendiri menurut Wakil Rektor III UBP Maman Mulya Karnama sebagai penguatan Tridharma perguruan tinggi dan pengembangan kelembagaan masing-masing universitas. 

"MOU ini sebagai penguatan Tridharma perguruan tinggi dan juga sebagai penguatan kelembagaan masing-masing universitas," ucap Maman.

Menurut Maman bentuk implementasi dari MOU ini berupa pengajaran,  penelitian, dan juga pengabdian dalam masyarakat.

"Akan ada kolaborasi antara dosen UBP dan Universitas Ma'soem dalam hal pengajaran, penelitian, pengabdian dan publish karya ilmiah," ucapnya.

Lalu ada kegiatan pertukaran antar mahasiswa dan pertukaran dosen  mengajar visi masing masing universitas. Contohnya kata Maman yaitu berupa kegiatan visit antara dosen UBP ke Universitas Ma'soem dan sebaliknya untuk mengisi kuliah umum, melakukan penelitian bersama atau kolaborasi riset, KKN bersama yang akan dibahas lagi detail teknisnya bagaimana nanti kedepannya.

Namun Maman berharap kerjasama dengan Universitas Ma'soem ini bersifat kolaborasi,  bukan kompetitif. Agar bisa membangun dan maju bersama-sama.

"Harapan kami adalah UBP maupun Universitas Ma'soem bisa maju bersama,  bangun bersama,  kita berkolaborasi sistemnya,  bukan kompetitif,  sama berangkat dan saling mendukung. Kami menganggap Universitas Ma'soem bukan sebagai pesaing,  namun sebagai kolaborator." ucapnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Rizky Wiryawan selaku perwakilan dari Universitas Ma'soem.  

"Kami kesini membawa visi misi menjalin kejasama dengan berbagai perguruan tinggi,  terutama di bidang tridharma,  pendidikan,  pengabdian masyarakat dan penelitian, jadi semakin banyak kerjasama yang bisa kita lakukan,  itu akan dapat meningkatkan kualitas dan wawasan universitas kita,  karena kita ini universitas yang baru." ucapnya.

Sebagai catatan,  kerjasama ini bukanlah yg pertama bagi UBP berkolaborasi dengan universitas-universitas yang ada di dalam dan luar negeri,  bahkan UBP berencana menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan.  

"MoU dengan Universitas Ma'soem ini adalah yang pertama dengan pihak Ma'soem,  namun sebelum nya UBP sudah berkerjasama dengan hampir 135 lembaga dan perguruan tinggi dalam negeri, dan dari luar negeri ada 17 perguruan tinggi selama 5 tahun UBP awal berdiri, dan insha Allah minggu depan UBP akan menandatangi MoU dengan dua perusahaan di Jepang" tutup Beliau. (ilmy)

Tags:

Berita Terkait

Related News