Menghadapi Libur Panjang Nataru 2019/2020 PT KAI Daop 3 Cirebon Kerahkan 445 Personil Keamanan

CIREBON - Menghadapi lonjakan penggun Jasa KA saat berlangsungnya angkutan Nataru 2019/2020. PT KAI Daop 3 Cirebon siapkan personil keamanan gabungan sebanyak 445 

Dikatakan Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, personel keamanan yang dikerahkan tersebut terdiri dari 121 personel Polsuska, 218 personel security, 10 personel staf, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 96 personel termasuk K-9. 

“Personel keamanan itu disiapkan untuk melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta. Itu dilakukan untuk memberikan rasa nyaman para pengguna jasa, " katanya. Kamis (05/12/2019)

Pada masa angkutan Nataru nanti, lanjut Luqman para Komisaris dan Direksi PT KAI, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kepolisian turut melakukan inspeksi langsung ke sejumlah stasiun pada 10 hingga 12 Desember 2019 Mendatang.

“Inspeksi ini dilakukan dengan Kereta Inspeksi untuk mengecek kesiapan pelayanan hingga lintasan kereta api di jalur utara dan selatan Jawa,” katanya.

PT KAI juga mengingatkan kepada seluruh calon penumpang KA untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan. 

"Mulai 1 Desember 2019 lalu, PT KAI memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019. Kebijakan itu ditetapkan melalui
Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019," katanya.

Penggunaan Gapeka 2019 ini akan berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, perubahan waktu tempuh, dan perubahan relasi KA.

“Oleh karenanya, calon penumpang KA dihimbau untuk datang ke stasiun lebih awal dan mencermati jam keberangkatan kereta api yang tercetak pada tiket agar tidak terlambat atau salah jadwal,” katanya. (abr)

Tags:

Berita Terkait

Related News