Dandim 0615, Peran Media Dapat Menyatukan Negara Atau Sebaliknya

KUNINGAN,- Komandan Kodim 0615, Letkol Czi Karter Joyi Lumi melakukan silaturahmi dengan awak media. Dalam kegiatan tersebut, Dandim mengapresiasi kekuatan pers bisa menyatukan, tetapi bisa pula mengguncang negara sampai dunia.

Menurutnya, di era revolusi industri 4.0, dinamika perkembangan media massa sangat pesat, seiring kemutakhirkan teknologi komunikasi dan informasi.

"Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugasnya harus sejalan dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 34 Tahun 2004, tentang Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Hankamrata)," tutur Kater dihadapan wartawan, Senin (9/12).  

Menurutnya, sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

“Mari kita ekplorasi dinamika apa saja yang terjadi di Kabupaten Kuningan ini, kita bersinergi dalam membangun daerah ini. Ingatkan saya juga apabila ada suatu kekeliruan, kita saling berkoordinasi dan membangun komunikasi yang baik demi kemajuan daerah Kuningan yang sama-sama kita cintai bersama,” ucapnya.

Ia berpesan, untuk semua dapat menjaga dan kesatuan bangsa, jangan terjerumus oleh paham-paham yang tidak sejalan dengan ideologi negara.

“Sebagai warga negara Indonesia yang baik, mari perkuat pedoman kita bersama, yakni empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD’45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Terutama harus benar dan sungguh diamalkan, jangan hanya sekedar dihapal saja. Jangan bersikap intoleran terhadap sesama,” pungkasnya. (om)


 

Tags:

Berita Terkait

Related News