Rany Febriani Serap Aspirasi Warga Di Tiga Titik

KUNINGAN,- Anggota DPRD Kabupaten Kuningan  Fraksi Partai Demokrat Rany Febriani melaksanakan tugas Reses di tiga titik wilayah Dapil IV yang meliputi Kecamatan Luragung, Ciwaru, Karangkancan, Cimahi, Cibeureum, dan Cibingbin.

"Reses kemarin Alhamdulillah sudah tiga  titik di desa Sindangsuka Kecamatan Luragung, desa Citenjo Kecamatan Cibingbin sama desa Cimulya Kecamatan Cimahi," ucap Rany kepada PortalJabar.net, Rabu (11/12).

Reses Pertamanya, kata dia, lebih banyak mendengar atau menyerap aspirasi dari masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi dan beberapa masukan solusinya.

Untuk wilayah Kuningan Timur, khususnya dapil empat, Rany menerangkan, pada musim kemarau masalahnya yakni susah air. Selain itu, ketika musim hujan tiba ada beberapa daerah langganan banjir dan longsor.

"Mungkin perlu adanya sosialisasi juga ke masyarakat mengenai kesadaran tentang manajemen sampah, karena  masih banyak juga masyarakat yang buang sampah di sungai," terangnya.

Dirinya, mencontohkan di desa Cimulya Kecamatan Cimahi. Karena daerah mereka itu termasuk desa tertinggal dengan faktor IKG (Indeks Kesulitan Geografis) dari pusat kota aksesnya sulit dan jauh.

Kebanyakan masyarakatnya juga urbanisasi, jadi muncullah permasalahan-permasalahan baru.

"Untuk desa Cimulya bila memungkinkan harus ada lapangan kerja supaya tidak urbanisasi iya. Mereka kan punya Puncak Manik yang pengunjungnya dari luar daerah, bahkan luar kota. Bisa tuh kedepanya dijadikan destinasi wisata," tandasnya.

Lebih lanjut, baik itu wisata alam, wisata sejarah dan religi. Visi misi Kuningan, kata Rany, itu mengembangkan pariwisata berbasis desa. Cuman mungkin, warganya belum kepikiran kesitu.

"Saya berharap, nanti pemuda-pemudanya membentuk kelompok penggerak pariwisata (Kompepar). Jadi nantinya dikelola sama masyarakat, kan itu lumayan bisa meningkatkan perekonomian," pungkasnya. (om)


 

Tags:

Berita Terkait

Related News