Kodim 0604 Karawang Gelar Peringatan Hari Juang TNI AD

KARAWANG, - Upacara peringatan Hari Juang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) yang diadakan di lapang Monumen Tugu Proklamasi Bojongtugu Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok kabupaten Karawang, Senin (16/12).

Upacara dipimpin langsung oleh Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo.

Hari Juang TNI AD yang ditetapkan setiap 15 Desember, sebelumnya dinamai Hari Juang Kartika dan sebelumnya lagi dinamai Hari Infantri yaitu berdasarkan Kepres RI no 163 tahun 1999 dan Surat Keputusan Kasad nomor Skep/662/XII/1999.

Dalam sambutannya, Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo mengungkapkan peringatan Hari Juang TNI AD ini digelar untuk mengenang keberhasilan pasukan Infanteri dalam menghancurkan tentara sekutu.

Pertempuran tersebut pertempuran ambarawa atau biasa dikenal palagan Ambarawa yang dipimpin oleh Jendral Sudirman.

"Rengasdengklok merupakan pangkal perjuang dimana saat itu para pemuda Rengasdengklok dengan berani mengamankan Soekarno - Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia," kata dia.

Menurutnya, tanpa adanya semangat para pemuda saat itu, mungkin kita bukan tentara Republik Indonesia yang merebut kemerdekaan.

"Maka dari itu, begitu besar jasa-jasa para pemuda Karawang, khususnya pemuda Rengasdengklok. Di masa kini dalam rangka memperingati di Hari Juang TNI AD kita bersama-sama laksanakan karya bakti untuk merawat, memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya. (wins)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News