Satgas Pangan Kota Sukabumi Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

SUKABUMI - Jelang perayaan dan tahun baru (Nataru) Satgas Pangan Kota Sukabumi melakukan sidak ke pasar tradisional dan pasar modern yang ada di Kota Sukabumi. Seperti yang terlihat di salah satu pasar modern di jalan A. Yani Cikole Kota Sukabumi, Senin (23/12).

Dipimpin oleh Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, tim 1 Satgas Pangan Kota Sukabumi melakukan pengecekan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo mengungkapkan bahwa harga serta ketersediaan bahan pokok di Kota Sukabumi khususnya menjelang perayaan Nataru masih relatif aman.

"Dari hasil pemantauan di dua tempat, yaitu pasar tradisional dan di swalayan terjadi peningkatan, memang peningkatannya juga lumayan tapi rata-rata semuanya pasokan kebutuhan aman, harga fluktuatif saja," ujar AKBP Wisnu.

Lanjutnya saat ini Satgas Pangan bergerak untuk memantau  para pelaku spekulan yang memakai momen libur Nataru untuk menimbun barang agar  harganya dapat dinaikan. "Para spekulan yang manfaatkan momen Nataru, itu sudah kita pantau, terpantau oleh Satgas Pangan," jelasnya.

Senada dengan Kapolres, Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi turut menyampaikan bahwa Satgas Pangan bentukannya tersebut dibagi menjadi tiga tim yang bertugas untuk melakukan pengecekan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok di pasar tradisional dan pasar modern khususnya menjelang perayaan Nataru.

"Jadi hari ini ada tiga tim yang kita bentuk, kita buat terjun ke lapangan, yang pertama mengecek situasi di pasar tradisional, yang kedua mengecek di pasar modern, pertama kita mengecek ketersediaan stok, alhamdulillah ketersediaan stok aman, jadi bahan makanan, bahan pangan pokok strategis semuanya aman dan ready stok," ungkap Fahmi.

Lanjutnya, dari sisi harga, tadi bersama Kapolres menyatakan ada fluktuatif harga ternyata antara pasar tradisional dengan pasar modern terjadi perbedaan harga. "Cenderung lebih murah di pasar modern jika kita lihat saat ini, tapi intinya masih dalam batas toleransi," ujarnya.

Selain itu, Fahmi pun menyampaikan bahwa telah ada kenaikan harga yang cukup signifikan di beberapa komoditas bahan pokok seperti cabe keriting, tomat, bawang merah dan ayam.

"Yang naik cabe keriting itu naik cukup tinggi kemudian tomat kemudian juga bawang merah yang sangat tinggi juga mengalami kenaikan, ayam juga komoditas yang naik juga," tuturnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News