Masuk Musim Hujan, Warga Kabupaten Cirebon Diteror Ribuan Ulat Bulu

CIREBON, - Masuknya musim Hujan, sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon diserang ulat bulu, yang mulai meresahkan aktivitas keseharian warga sekitar.

Pantauan di lapangan, serangan ulat bulu ini terjadi di Desa Cipejeh Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Gempol, dan Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Ribuan ulat bulu itu terlihat bergelantungan disejumlah pohon, yang kemudian merambat ke pemukiman warga. Tidak sedikit tembok rumah warga dipenuhi dengan ulat bulu, hingga membuat warga enggan untuk berakitivitas diluar rumah.

Dikatakan Fauzan selaku Kordinator Lapangan BPBD Kabupaten Cirebon, fenomena ini menurutnya sudah tiga hari berlangsung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan mereka berjanji akan bertanggung jawab atas kejadian ini," kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (24/12).

Dijelaskan Fauzan, fenomena serangan ulat bulu ini sudah terjadi setiap tahun saat masuknya musim hujan, akan tetapi tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap tahun ulat bulu ini menyerang pemukiman warga, tapi untuk tahun sekaranga saya lihat lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar dia.

Saat ini, petugas tengah mengatasi serangan ulat yang menempel di tembok rumag warga Kabupaten Cirebon.

"Penanganan memberantas ulat bulu sudah kita lakukan, dengan cara menyemprotkan cairan kimia. Untuk rumah yang terdampak kami masih melakukan pendataan," pungkasnya.(abr)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News