5 Parpol Di Karawang Sepakat Berkoalisi Di Pilkada 2020

KARAWANG - Belum lama ini para pimpinan partai yang terdiri dari DPC PDI Perjuangan Karawang, DPC PBB Karawang, DPC PPP Karawang, DPC Hanura Karawang, dan DPD PAN Karawang telah mencapai kesepahaman pemikiran. Kelima partai ini bersepakat untuk koalisi di Pilkada Karawang tahun 2020 ini.

Dalam 3 poin kesepahaman tersebut, kata Sekretaris DPC PAN Karawang, Dadan Suhendarsyah, ke lima parpol sepakat bahwa Pilkada merupakan ajang mencari figur-figur terbaik yang diyakini memiliki integritas dan kompetensi dalam membangun Karawang ke arah yang lebih baik.

Selain itu diperlukan kesadaran dari semua stakeholder, terutama partai politik sebagai instrumen legal demokrasi, untuk duduk bersama dan berdialektika merumuskan kepemimpinan Karawang. "Sehingga Pilkada menghasilkan formasi pemimpin yang sinergi, berbagi peran (saling mengisi diantara Bupati-Wakil Bupati), sensitif terhadap kegelisahan rakyat serta memiliki visi yang jelas dalam mengelola Karawang," ujar Dadan.

Lanjut Dadan, ke lima parpol juga telah sepakat berkoalisi dengan membentuk koalisi Poros Perjuangan sebagai cikal bakal koalisi Pilkada Karawang.

Adapun langkah-langkah penting dalam rangka pemantapan koalisi Poros Perjuangan ini adalah pertama membentuk Tim Pilkada Gabungan yang terdiri dari utusan masing-masing partai dengan tugas melakukan publikasi, menerima pendaftaran, menjaring dan memverifikasi para Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati, serta memberikan pandangan dan laporannya kepada para pimpinan partai yang tergabung di Poros Perjuangan.

Sementara bagi parpol yang sudah membuka dan menerima pendaftaran, maka Tim Pilkada Gabungan berkewajban mengarahkan para pendaftar untuk melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan parpol lainnya yang tergabung di Poros Perjuangan.

Selain itu kata Dadan, setiap pimpinan parpol wajib meneruskan nota kesepahaman yang telah dibuat kepada setiap lapisan kepengurusan baik diatas maupun dibawah. "Setiap pimpinan parpol juga berkewajiban menginternalisasi Nota Kesepahaman ini kepada segenap pengurus tingkat Kabupaten dan meneruskannya kepada pimpinan tingkat propinsi dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) setiap parpol sebagai bahan pertimbangan strategis bagi pihak terkait dalam menentukan dan memutuskan Koalisi Pemilukada Karawang 2020," tandasnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News