Patriot Desa Gandeng Universitas Majalengka Untuk Berdayakan Masyarakat

MAJALENGKA - Untuk mewujudkan masyarakat desa yang berdaya dan sejahtera, Patriot Desa yang berada di Majalengka berkolaborasi dengan beberapa pihak lainnya. Salah satunya unsur dari akademisi Universitas Majalengka dalam melaksanakan kegiatannya di desa penempatannya.

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) memiliki program bernama Patriot Desa Jawa Barat yang merupakan bagian dari program One Village One Company (OVOC).

Koordinator Wilayah Patriot Desa di Majalengka Indra Subana menjelaskan, Program Patriot Desa bertujuan untuk merintis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan berbasis potensi desa. Dengan adanya Patriot Desa Jawa Barat diharapkan meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya, pengembangan partisipasi, dan keswadayaan masyarakat.

“Di Majalengka ada 4 Desa yang ada kegiatan Patriot Desa yakni Desa Teja, Kumbung, Bangbayang dan Cipasung. Setiap desa tersebut ada 2 orang Patriot Desa yang tinggal bersama masyarakat (Live in). Kita sangat senang sekali jika pihak Universitas Majalengka khususnya Prodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unma ikut berkolaborasi untuk memajukan masyarakat yang ada di Desa,” terang Indra saat pertemuan antara Patriot Desa dengan pihak FEB- UNMA, Senin, (20/01/20)

Sementara itu Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka (FEB-Unma) Latief Zaenuddin Nur SE MM menyambut baik atas kolaborasi yang akan dijalankan dengan Patriot Desa. Bersama-sama untuk menggali potensi lokal di desa, membina usaha mikro di masyarakat dan mengembangkan BUMDes.

“Ini merupakan salah satu bentuk di Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka dalam menjalankan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nanti akan ada ddan mahasiswa yang ikut mendampingi dan membantu kegiatan di masyarakat (desa). Mudah-mudahan masyarakat dapat merasakan manfaatnya serta terbangun masyarakat desa yang berdaya,”  harapnya. (Man) 

Tags:

Berita Terkait

Related News