Abdy Yuhana: Mulai Tahun Ini, DPRD Jabar Aktif Sosialisasikan Konsensus Kebangsaan

BANDUNG,- Mulai tahun ini, seluruh anggota DPRD Jawa Barat secara aktif akan berpartisipasi mensosialisakan konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana mengungkapkan, nantinya sebanyak 120 anggota legislatif akan bertemu dgn masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing

"Tujuannya adalah untuk menyampaikan pentingnya memperkuat rasa cinta dan kepedulian kepada tanah air dengan memegang teguh konsensus kebangsaan," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Abdy berharap, program ini memiliki aspek benefit bagi masyarakat Jawa Barat untuk lebih menghormati dan menjaga budaya lokal yang ada di daerahnya.

"Selain itu juga untuk menghormati perbedaan yang ada dalam masyarkat dengan Pancasila sebagai dasar dalam bermasyarakat," tuturnya.

Ia menambahkan salah satu yang mendasari sosialisasi konsensus kebangsaan ini adalah sudah menipisnya rasa nasionalisme hingga menjadi salah satu penyebab maraknya penyebaran radikalisme yang anti-Pancasila, anti-NKRI, anti-UUD 45, dan anti-Bhinneka Tunggal Ika, dalam dekade 20 tahun terakhir.

Sejak era reformasi lalu, kelompok pengusung radikalisme leluasa melakukan penyebaran pahamnya melalui berbagai sektor kehidupan akibat empat konsensus nasional, Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika seakan ditinggalkan.

"Wawasan kebangsaan tidak lain adalah empat konsensus nasional tersebut yang merupakan kekuatan bangsa Indonesia. Oleh karena itu setiap warga negara harus memiliki wawasan kebangsaan agar Indonesia menjadi negara besar, berdaulat, adil, dan makmur," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News