Pemdes Diminta Libatkan Karang Taruna Dalam Kegiatan Desa

Portal Donasi

BANJAR,- Sebagai organisasi yang begerak dibidang sosial kemasyarakatan, kader Karang Taruna diharapkan bukan hanya tampil dalam giat kepemudaan saja, tetapi harus mampu menyelesaikan persoalan sosial yang muncul di tengah-tengah masyarakat.

Sekretaris Forum Karang Taruna Kecamatan Pataruman, Firosul Haq meminta agar Karangtaruna diposisikan sebagai mitra pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat sekaligus wadah untuk menyampaikan dan menampung aspirasi kawula muda.

"Selama setahun kebelakang Forum Karang Taruna Forum Kecamatan sudah berupaya maksimal dan membenahi strukturisasi di setiap Desa dan Kelurahan di Kecamatan Pataruman. Ke depan tinggal bagaimana meningkatkan kapasitas sumber daya kader Karang Taruna. Kami berharap pemerintah Desa ataupun kelurahan ikut mensuport secara maksimal," kata dia dalam Rapat Koordinasi program kerja Kecamatan Pataruman Tahun 2020 di Aula Kecamatan Pataruman, Rabu (22/1).

Ia menegaskan Lahirnya UU Desa No 6 Tahun 2014 mempertegas kembali peran dan fungsi Karang Taruna di Desa. Karena basis massa Karang Taruna adalah di Desa yang tidak terpisahkan dengan kegiatan dan program pemba­ngunan Pemerintah Desa.

Perubahan regulasi tentang dana oprasional untuk lembaga desa bukan berarti hambatan untuk keberlangsungan berjalannya Lembaga Kemasyarakatan Desa khususnya Karang Taruna.

"Sekalipun saat ini Karang Taruna tidak diberikan dana oprasional langsung bukan berarti Pemerintah Desa apatis tentang pengembangan dan keberlangsung Karang Taruna," ungkapnya.

Menurutnya dalam amanat Permensos No.25 Tahun 2019 Bab IX (Pendanaan) Pasal 44 bahwa sumber pendanaan Karang Taruna berasal dari APBN, APBD dan sumber pendanaan yang sah dan tidak mengikat sesuai
dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kedepan Forum Karang Taruna akan terus berupaya mendamping Karang Taruna Desa/Kelurahan agar selalu terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat di desa khususnya mendayagunakan secara total peran fungsi Karang Taruna di wilayah masing - masing," pungkasnya,

Dalam rapat Koordinasi program yang dihadiri oleh Pemerintah Desa dan Kelembagaan serta stackholder yang ada di dalam ruang lingkup Kecamatan Pataruman Kota Banjar ini Forum Karang Taruna meminta Kepada seluruh Pemerintah Desa dan Kelurahan  untuk membantu merealisasikan program pokok Karang Taruna Provinsi Jawa Barat tentang penguatan organisasi, pengembangan generasi muda, pengembangan koperasi, pengembangan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia berbasis data.

"Semoga kegiatan Rakor ini, dapat meningkatkan semangat seluruh elemant supaya memberi andil dalam membangun dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi pelaksanaan inovasi kepemerintahan. Kemudian juga dapat memastikan realisasi replikasi, mengadopsi komitmen kegiatan inovatif, serta menyusun regulasi desa yang mendukung pelaksanaan inovasi Kepemerintahan khusunya pendayagunaan potensi dan kapasitas kepemudaan," tandasnya. (*)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News