Dandim Majalengka Tinjau Jalan Kabupaten Yang Abrasi

MAJALENGKA,- Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Harry Subarkah melakukan peninjauan jalan kabupaten yang terputus akibat abrasi yang menghubungkan Desa Cibodas Kecamatan Majalengka Kota dengan Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Sabtu (25/1).

"Peninjauan dilakukan pasca terjadinya luapan air sungai Cijurai Desa Cibodas yang mengakibatkan abrasi akses jalan Desa Cibodas menuju Desa Nunuk," kata Harry.

Turut hadir mendampingi peninjauan Danramil 1701/Kota Kapten Arh Masnun serta Dan Unit Intel Kodim 0617/Majalengka Letda Inf Aan Samian.

Menurutnya, kejadian berawal saat hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (24/1) sore di wilayah Desa Cibodas hingga mengakibatkan Sungai Cibodas meluap. Selain itu, air juga mengikis Jalan Raya Cibodas Nunuk baru blok Cibodas Rt 001 Rw 001 Desa Cibodas Kab. Majalengka.

"Adapun jalan sepanjang 15 meter dengan lebar jalan 3 meter terkikis dan terputus hingga tidak bisa dilewati kendaraan. Kejadian tersebut terjadi akibat lokasi sungai yang berbelok dipinggir jalan, karena debit air tinggi dan deras menghantam tanah pinggir sungai dan terkikis hingga ke jalan,"ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, kerugian materi diperkirakan skitar Rp 200.000.0000, - (dua ratus juta rupiah).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka Agus Permana mengatakan curah hujan dan debit air Sungai Cibodas yang tinggi serta adanya pedangkalan sungai sehingga mengikis pinggiran Sungai.

Akibatnya, akses jalan dari Desa Cibodas ke Desa Nunuk Baru terputus.

"Upaya penanganan darurat BPBD menurunkan tim assesment dan akses jalan desa Cibodas - Desa Nunuk Baru sudah ditutup demi keselamatan warga.(Man) 

Tags:

Berita Terkait

Related News