RSHS Bandung Rawat 1 Pasien Terduga Terpapar Virus Corona

BANDUNG,- Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat pasien terduga terpapar novel coronavirus atau 2019-nCoV di ruang isolasi khusus. Diketahui, pasien adalah warga negara Tiongkok berusia 31 tahun.

Pasien dirujuk dari Rumah Sakit Cahaya Kawaluyaan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung Tommy Ruchimat menerangkan pasien datang dengan kondisi demam tinggi. Ia menegaskan, pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar penanganan bagi pasien terduga terpapar virus corona.

"Kami lakukan sesuai SOP penanganan virus corona. Kami lakukan pemeriksaan dengan peralatan lengkap," kata Tommy kepada wartawan Minggu (26/1).

Menurutnya, pihaknya juga telah menyiapkan alat proteksi khusus. Saat ini menurutnya, pasien dirawat di ruang isolasi rawat inap.

Menurutnya, pasien adalah warga negara asal Tiongkok. Pasien mendapat tindakan standar pasien terduga terpapar virus corona karena diketahui memiliki riwayat perjalanan dari China.

Saat datang ke IGD, pasien diperiksa di ruang isolasi sementara ruangan gawat darurat.

Saat ini status pasien masih disebut terduga terpapar virus corona. Tommy mengatakan, pasien perlu menjalani pemeriksaan lain seperti pemeriksaan apus tenggorokan, pemeriksaan foto thorax dan laboratorium darah lainnya.

Usai diperiksa kesehatan dasar, pasien langsung dibawa ke ruang isolasi di perawatan inap.

“Pasien dibawa oleh petugas medis melalui jalur khusus. Sehingga tidak berpapasan dengan pasien atau pun penunggu pasien di rumah sakit," tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News