3 Petinggi Sunda Empire Ditetapkan Jadi Tersangka

BANDUNG,- Polda Jabar akhirnya menetapkan tiga orang petinggi Sunda Empire sebagai tersangka penyebaran berita bohong alias hoaks.

Ketiga orang tersebut, ialah Raden Ratna Ningrum sebagai permaisuri Sunda Empire, Nasri Banks selaku Perdana Menteri Sunda Empire, dan Sekretaris Jenderal Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Saptono Erlangga mengatakan, penetapan tersangka ini setelah adanya laporan dari Mochamad Ari Mulia, seorang budayawan Sunda.

“Jadi dalam laporannya, Sunda Empire ini telah dengan sengaja menyebarkan berita bohong yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat,” ucap Erlangga, di Markas Polda Jabar, Selasa (28/1) sore.

Penetapan tersangka ini, kata Erlangga, dilakukan setelah pemeriksaan saksi dan ahli yang berasal dari berbagai unsur, baik budayawan maupun ahli sejarah.

Termasuk juga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, yang menyatakan jika Sunda Empire tidak tercatat sebagai organisasi kemasyarakatan alias ilegal.

Ketiga tersangka dikenakan Pasal 14 dan atau 15 Undang-Undang No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, yang didalamnya tercantum barangsiapa menyebarkan berita bohong dan dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, terancam hukuman pidana 10 tahun penjara. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News