Ini Cara Kepsek SMPN 2 Rengasdengklok Berikan Pembelajaran Demokrasi Pada Siswa

KARAWANG,- Berikan pembelajaran demokrasi terhadap pelajar, SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang menggelar Pemilihan Ketua Osis (Pilkosis) secara Langsung Umum dan Rahasia. Kepala Sekolah dan Guru turut memilih.

Pemilihan Ketua Osis dilaksanakan dihalaman SMPN 2 Rengasdengklok. Dihadiri Kepala Sekolah, Didi Solahudin, staf sekolah, guru pembimbing dan siswa siswi kelas 7-9.

Setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2019-2020. Pada kesempatan ini pemilihan ketua osis di SMPN 2 Rengasdengklok dirancang sama seperti yang dilaksanakan pada saat pemilihan umum. Pilkosis ini diikuti oleh 5 pasangan calon.

Kepala SMPN 2 Rengasdengklok, Didi Solahudin, yang kesehariannya disapa "Ayah Didi" mengatakan, pemilihan ketua OSIS layaknya Pemilu ini bertujuan memberikan pendidikan demokrasi.

Selain itu, pihaknya juga bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.

"Kegiatan pemilihan ketua OSIS di awali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan," kata dia pada PortalJabar.net, Sabtu (1/2).

Setelah itu, kata Didi, kegiatan dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh para saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

"Dengan diadakannya pemilihan OSIS secara terbuka, diharapkan para siswa memiliki pengalaman berharga dalam menjalankan Demokrasi,"pungkasnya. (wins)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News