Posyandu Harus Jadi Garda Terdepan Peningkatan SDM

BANDUNG - Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bandung, Kurnia Agustina Dadang M.Naser, kader pos pelayanan terpadu (posyandu) merupakan salah satu garda terdepan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

“Sebagai garda terdepan, mereka melaksanakan amanah untuk menjaga tunas – tunas bangsa agar menjadi individu yang berkualitas, mulai dari dalam kandungan, dilahirkan hingga usia balita,” kata Kurnia

Istri Bupati Bandung Dadang Naser ini menilai keberadaan posyandu dapat membantu pemerintah Kabupaten Bandung dalam akselerasi peningkatan Indeks Pembagunan Manusia (IPM).

Pasalnya, imbuh Kurnia, tiga indikator utama penilaian IPM yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi ada dalam program yang dijalankan posyandu.

“Dalam posyandu, khususnya posyandu multifungsi memiliki program pendidikan melalui pembinaan kelompok tribina yakni BKB (Bina Keluarga Balita dan Anak), BKR (Bina Keluarga Remaja) dan BKL (Bina Keluarga Lansia),” ungkapnya.

Sementara dari aspek kesehatan, lanjutnya, posyandu menyediakan berbagai macam vaksin untuk menjaga imunitas anak dibawah lima tahun.

“Untuk aspek ekonominya, PKK memiliki program UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga). Disini tugas kecamatan dan desa adalah menyambung gelang dengan dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah),” tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News