Sosialisasi 4 Pilar, Farhan Serukan Toleransi Beragama

BANDUNG,- Sosialisasi empat konsensus kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika), anggota MPR RI Muhammad Farhan sasar komunitas masyarakat lintas agama.

Farhan pun mengingatkan kembali masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Demikian disampaikan Farhan dihadapan peserta dari puluhan komunitas lintas agama di Blessing Room Bandung Trade Centre (BTC) Jalan Dr. Djunjunan Bandung, Selasa (11/2).

Dikatakannya, sebagai anggota MPR RI ia berkewajiban membangun dan meningkatkan (memperkuat) ideologi kebangsaan. Menurutnya, diperlukan kesamaan sudut pandang dari berbagai elemen masyarakat untuk menuntaskan masalah kebangsaan yang dasarnya adalah kebhinekaan.

“Sosialisasi empat konsensus kebangsaan ini sengaja saya buat agak besar, dengan banyak sekali sahabat dari lintas agama. Kenapa harus seperti itu, karena bagaimanapun juga masyarakat lintas agama ini merupakan kelompok masyarakat inti yang turut menjaga toleransi di khususnya di Kota Bandung," kata Farhan.

Farhan mengungkapkan komunitas lintas agama ini sudah berpengalaman mensosialisasikan kebangsaan. Meskipun begitu, kata Farhan, sebagai anggota MPR RI, ia berkewajiban untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi melalui kegiatan sosialisasi serta bertatap muka.

"Intinya titik berat acara ini berusaha menjaga persamaan persepsi, sudut pandang harus sama soal masalah kebangsaan yang dasarnya kebinekaan. Berbagai isu yang menyangkut masalah keberagaman baik agama atau budaya harus kita sikap dengan sudut pandang yang seragam sesuai 4 konsensus," tandasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi empat konsensus kebangsaan ini hadir 26 komunitas lintas agama diantaranya dari Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, Garda Kencana Nusantara Indonesia (GKNI), Forum Perempuan Bandung Bersatu, Women Movement, dan Jabar Saber Hoaks. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News