Cegah Kerusakan Lingkungan, Tirta Jabar Jalin Kerjasama Dengan Atrium

BANDUNG - PT Tirta Gemah Ripah atau Tirta Jabar menjalin kerjasama dengan Atrium Consult untuk mengelola air limbah menjadi air bersih untuk disalurkan ke sejumlah industri yang berada di kawasan Bojongsoang dan sekitarnya.

Direktur Utama PT Tirta Gemah Ripah Asep Winara meyebutkan, terjalinnya kerjasama antar dua negara satu rumpun ini salah satunya untuk menyelamatkan lingkungan.

Sebab terang dia, dari informasi yang di dapat kawasan Bojongsoang menjadi salah satu kawasan terparah penurunan permukaan tanah 12 samapai 15 centimeter pertahu. Hal itu lantaran banyaknya industri yang mengambil air tanah dalam.

"Kita akan membangun pengelolaan air limbah dari Ipal Bojongsoang menjadi air bersih, untuk disalurkan ke industri yang ada di Bojongsoang dan sekitrnya," Kata Asep Usai penandatangana kesepakatan di ruang kerjanya.

Nantinya setelah pembangunan selesai sebut Asep, seluruh industri yang berada di kawasan Bojongsoang dan sekitarnya akan diwajibkan menjadi konsumen tetap.

"Namun untuk teknisnya akan diserahkan kepada Dinas ESDM," terangnya.

Menurut Asep, dari hasil olahan air limbah ini bisa menghasilkan 200 liter perdetik bahkan bisa lebih, setelah hasil studi kelayakan selesai dikerjakan.

"Kalau seluruh industri di sana sudah tidak menggunakan air tanah lagi, kita bisa mengurangi kerusakan lingkungan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Partner Atrium Consult, Suhairi Misian menerangkan, setelah adanya perjanjian kerja sama ini pihaknya akan segera melakukan study kelayakan air limbah yang akan di olah.

"Kita akan cek dulu kandungan yang terdapat dalam air itu apa aja," katanya.

Selain studi kelayakan kandungan air pihaknya juga, akan melihat lokasi mana yang bisa dibangun untuk mesin pengelolaannya. Nantinya teknologi yang akan di gunanakan ialah membran sistem.

"Kita akan upayakan tidak ada hasil limbah yang di buang atau zoro waste,"pungkasnya. (pan)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News