Bedi Budiman: DOB Tingkatkan Kualitas Pembangunan

BANDUNG,- DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung Pemerintah Daerah untuk segera merealisasikan usulan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB). Adanya DOB tentunya akan meningkatkan kualitas pembangunan di Jawa Barat.

"Dengan adanya DOB atau pemekaran wilayah di Jawa Barat ini diharapkan pemerintah daerah lebih fokus meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat," kata Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Bedi Budiman, baru-baru ini.

Selain itu kata Bedi, DOB juga diperlukan untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta membuat percepatan pembangunan di daerah. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk 48 juta lebih, idealnya membutuhkan 15 calon daerah otonom baru (DOB).

Saat ini, anggaran pemerintah yang dikucurkan untuk masyarakat Jawa Barat hanya mampu dinikmati sekitar Rp 600 ribu/orang.

"Bandingkan dengan provinsi sebelah Jawa Barat, setiap warganya sudah bisa menikmati Rp 1 juta/orang dari anggaran yang dikucurkan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kotanya," tuturnya.

Sebelumnya, usulan Pemprov Jabar terkait pemekaran derah, dilakukan pada sebanyak 21 kabupaten/ kota.

Namun, usulan daerah otonom baru (DOB) yang sudah memasuki prosedur final, ada enam, yakni Garut Selatan, Bekasi Utara, Sukabumi Utara, Cianjur Selatan, Bogor Barat, dan Indramayu Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan usulan tersebut belum bisa ditindaklanjuti karena pemerintah masih menahan moratorium DOB sejak 2014.

"Prosedur persyaratannya sudah lengkap. Tinggal tunggu pintu moratorium terbuka, maka sudah bisa jadi DOB," ujar Emil beberapa waktu lalu. (adv)

Tags:

Berita Terkait

Related News