TKA Asal Tiongkok Sudah Mulai Kembali Bekerja

BANDUNG, - Pemerintah Kota Bandung menghimbau agar Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok untuk tidak dulu datang ke Bandung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus Corona di Kota Bandung.

Sebelumnya ada 16 orang TKA asal Tiongkok yang pulang kampung untuk merayakan Imlek beberapa waktu lalu. Namun dari 16 orang tersebut ada yang sudah kembali bekerja di kota Kembang.

Kabid Penempatan Kerja dan Transmigrasi Marsana membenarkan adanya TKA Asal Tiongkok yang sudah kembali beraktivitas di kota Bandung.

"Iya sudah ada yang kembali satu orang dan sudah diizinkan oleh otoritas China sudah lolos dan di kita tidak ada masalah,"ujar Marsana, usai Bandung menjawab di Balaikota Bandung. (18/2)

Dia mengatakan satu TKA ini berbeda dengan TKA lainnya, sebab tempat tinggalnya jauh dari Wuhan sehingga memungkinkan negatif terpapar virus korona.

"Mungkin karena dia tinggalnya di tempat jauh dari Wuhan, tapi sudah ada lolos dan bisa bekerja dan beraktivitas seperti biasa,"tambahnya.

Seorang TKA tersebut bekerja sebagai guru atau pengajar di salah satu sekolah Stanford di Bawah Yayasan Florence.

"Dia bekerja sebagai guru atau pengajar. Tidak harus dikhawatirkan dan Kota Bandung aman, karena perusahaannya juga telah antisipasi karena sekolah-sekolah itu sadar dan cukup mawas,"pungkasnya.

Sebelumnya, ungkap Marsana, pihak otoritas China dan Yayasan sudah memeriksa TKA itu secara berkala dengan pernyataan harua menyanggupi untuk tidak kembali ke kota bandung dikhawatirkan terjangkit virus korona.

"Pengajar asing disana juga udah rutin diperiksa berkala dan mereka juga kalau kemren mereka pulang ke China begitu pulang ke sini (Bandung) mereka sudah sanggup bahwa mereka harus diuji kesehatan dulu untuk bekerja kembali,"tutupnya.(pan)

Tags:

Berita Terkait

Related News