Solusi Penanganan Sampah Dan Eceng Gondok Dibahas Dalam Musrenbang

KARAWANG,- Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Karawang tahun 2020, dari lima Kecamatan yang hadir menginginkan ada solusi untuk menangani sampah dan eceng gondok yang menghambat saluran irigasi dan saluran ke pertanian.

Musrenbang bertempat di aula kantor Kecamatan Pakisjaya. Dihadiri, Anggota DPRD Karawang, Saidah Anwar dan Rosmilah, Dinas PRKP Karawang, Camat dari Dapil III beserta jajarannya dan para Kepala Desa.

Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Saidah Anwar, mengatakan para camat dan kepala desa menyampaikan bberapa aspirasi dan permasalahan yang ada di daerah nya masing-masing. Salah satu yang usul yaitu Camat Tirtajaya yang mengusulkan Desa Pisangsambo yang masih ada bangunan sekolah jaman belanda, memohon untuk dilestarikan dan Kepala Desa Segarjaya, pulau putri yang sangat butuh perhatian.

"Kepala Desa lain nya ingin infrastruktur Desa mereka di sambungkan pembangunan nya agar ada konektifitas dari desa ke desa lainnya, serta perairan pertainian Kecamatan Pakisjaya mohon di perhatikan, yang paling banyak hampir semua camat menginginkan ada solusi untuk menangani sampah dan eceng gondok," Ujar Hj. Saidah Anwar, pada portaljabar.net, Selasa (18/2).

Harapannya, pemerintah daerah dan kita bisa bersinergi untuk bersama berpikir berbuat yang terbaik untuk Karawang dalam mewujudkan kesejahtraan dan pembangunan yang berkesinambungan sehingga dapil III yang memang lebih lambat/tertinggal dalam pembangunan bisa setara dengan daerah-daerah lainnya di Kabupaten Karawang bahkan mungkin lebih, karena dapil III juga potensinya banyak.

Sementara, Camat Tirtajaya, Agus Mufti Syarifudin, berharap dengan adanya Musrenbang Kecamatan khusus wilayah dapil III, semua aspirasi dari tingkat bawah khususnya skala prioritas baik usulan dari Desa maupun Kecamatan agar dapat di realisasikan sesuai dengan kebutuhannya.

"Selain skala prioritas di bidang infrastruktur ada juga harapan dari semua wilayah dapil III untuk dapat memprioritaskan masalah sampah. Karena, sampah di wilayah dapil III tidak tertangani dengan baik, ini bisa di liat dengan tidak adanya mobil mobil sampah yang masuk ke wilayah dapil III, sehingga eceng gondokpun sulit untuk di tangani secara baik,"terangnya.

Lanjutnya, kedepan harapan ini tidak hanya menjadi catatan saja bagi tim Kabupaten maupun Dewan yang ada di wilayah dapil III, tapi harapan bisa menjadi kenyataan dengan di buktikan adanya fasilitas yang menangani sampah tersebut.

"Kaitan dengan adanya harapan desa wisata di masing-masing Kecamatan, untuk Kecamatan Tirtajaya akan membuat Destinasi Wisata Pendidikan, bangunan SDN zaman belanda, ada SMPN yang bisa di jadikan edukasi bagi para pelajar, karena sekolah ini mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat Nasional. Selain itu, mengenalkan Kecamatan layak anak, ramah lingkungan serta adalagi distinasi wisata pasar ikan di Desa Tambaksari,"pungkasnya. (wins).

 

Tags:

Berita Terkait

Related News