Dorong Ekraf, Pemprov Jabar Bakal Bangun Studio Animasi Di Sejumlah Daerah

BANDUNG,- Dorong industri film animasi, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Barat  berencana membangun studio animasi di gedung creative center di beberapa daerah.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa  Barat Azis Zulfikar menyebut industri film animasi, merupakan salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif.

"Studio animasi akan dibangun pada gedung creative center di daerah yang memiliki potensi dan ketertarikan besar terhadap bidang tersebut," kata Azis usai Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung,  Kamis (20/2).

Menurutnya, tahun 2020 ini Pemprov Jabar akan menuntaskan pembangunan enam Gedung Creative Center yang dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman. Enam daerah itu yakni, Bogor, Purwakarta, Cirebon, Bekasi, Tasikmalaya dan Subang.

Tahun ini juga, imbuh dia, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, akan mengerjakan perencanaan Detail Engineering Design (DED) creative center di 12 daerah.

"Upaya tersebut dilakukan, seiring dengan adanya potensi animator andal di Jabar yang sudah memiliki karya. Dengan demikian, pihaknya perlu mengembangkan potensi tersebut agar lebih produktif," ungkapnya.

Azis mencontohkan, di Kota Sukabumi, banyak festival film banyak yang dilakukan oleh komunitas e-craft film.

Begitu juga di Kota Bogor, di sana ada komunitas yang suka membuat komik nanti arahnya akan pada animasi," ujar dia.

Selain membangun studio animasi pada creative center di beberapa daerah, ke depan pihaknya pun bakal mengumpulkan pelaku Animasi se-Jabar. Dengan begitu, pihaknya akan mendapatkan masukan untuk mendorong industri animasi di Jabar kian baik.

"Kita ingin mengetahui progres apa yang harus dikerjakan, usulan-usulan untuk mengerjakan perfilman animasi di Jabar," ucapnya.

Menurut Azis, hambatan terbesar industri animasi adalah terkait anggaran. Ia berharap, dengan biaya tidak murah tersebut para produser tertarik untuk bersinergi dengan para animator asal Jabar.

"Karena untuk beberapa film yang ada unsur animasi,  Bandung ini ternyata menjadi tempat pembuatan film-film tersebut," tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News