Dewan Apresiasi Sinergitas Antar BUMD

BANDUNG,- Ketua Komisi III DPRD Jabar, Cucu Sugyati menyambut baik sinergitas antar-BUMD di Jawa Barat.

Cucu berharap dengan adanya kerjasama antar BUMD ini dapat mempercepat upaya penyehatan dan peningkatan produktivitas semua BUMD yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ia mengungkapkan Komisi III terus mendorong agar deviden yang dihasilkan dari BUMD-BUMD  bisa lebih maksimal.

"Contohnya kerja sama antara bank bjb dan Agro Jabar, kami sangat mengapresiasi. Ini kan merupakan sinergitas antar sesama BUMD. Kami berharap ini menjadi motivasi bagi BUMD lain, yang lain, untuk juga dapat melakukan hal yang sama agar dapat meningkatkan profit di BUMD," kata Cucu kepada PortalJabar.net belum lama ini.

Dikatakannya, kerja sama antara dua BUMD ini diaktualisasikan melalui penanaman jahe dan kentang di Desa Manyingsal, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.

Menurut Cucu, sinergitas kedua BUMD ini merupakan langkah penyehatan BUMD dengan baik.

Sehingga, imbuh dia, ke depannya dapat menyusul BUMD lain yang menghasilkan deviden besar untuk Jawa Barat untuk modal pembangunan di Jawa Barat sendiri.

Selain itu, imbuh dia, Komisi III juga melakukan pengawasan bidang-bidang yang menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) di Provinsi Jawa Barat.

"Di lahan ini tak hanya ditanami jahe saja, tapi juga ada produk-produk lain seperti kentang dan sebagainya. Mudah-mudahan kedepan ada produk-produk lain yang ditama sesuai kebutuhan pasar," katanya.

BUMD di Jabar, katanya, memang harus pandai melihat produk apa yang dibutuhkan di pasaran. Dengan demikian, hasil usahanya dapat cepat termanfaatkan dan tidak mubazir.

"Nah iya itu, harus dilakukan survey dulu apa saja produk yang sedang laku dipasaran, sehingga dapat terjual dengan cepat," ujar dia.

Meski demikian, Cucu mengingatkan bahwa produk yang dihasilkan BUMD juga harus baik kualitasnya. Jangan sampai produk jasa atau barang yang dihasilkan BUMD tidak sesuai dengan kriteria pasar.

"Tentunya harapan saya ke Agro Jabar ini, juga BUMD lainnya, bisa optimal dalam menjaga kualitas produksi sehingga kini bisa juga menjadi komoditas ekspor," tandasnya. (adv)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News