FPK Wadah Bagi Berbagai Suku

KUNINGAN,- Badan Kesbangpol membuat wadah Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, kembangkan pembauran kebangsaan.

Gerakan Pembauran Bangsa dimaksudkan sebagai salah satu upaya ntuk menjaga, memelihara dan mempertahankan serta memperkokoh persatuan, kesatuan dan eksistensi bangsa. Forum Pembauran Kebangsaan ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 34 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan pembauran Kebangsaan di daerah.

“Ini merupakan wadah komunikasi, meningkatkan pembauran di tengah pluralisme masyarakat,” ungkap Kepala Badan Kesbangpol Dadan Darmawan, disela kegiatan Silaturahmi dan Dialog Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Kuningan Tahun 2020, Selasa (3/3).

Ia berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan iklim kondusif di Kabupaten Kuningan, yang memungkinkan adanya sikap masyarakat yang menerima kemajemukan dan keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

”Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), itu sebagai wadah komunikasi dari unsur Etnis Sunda, Jawa, Tionghoa, arab, Papua, Batak, Flores, Padang/Minang, Madura yang berdomisili di Kabupaten Kuningan,” kata Dadang

Dalam kesempatan itu, Wabup Kuningan, Ridho Suganda  menyampaikan beberapa hal penting, khususnya kepada para pengurus. Pertama agar meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, guna menghindari berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horizontal.

“Apalagi adanya dari latar belakang permasalahan ras, suku, budaya dan agama yang dapat mengancam integritas nasional,” kata Edo sapaan akrabnya.

Kemudian, lanjut dia mengatakan, kedua tingkatkan dan kuatkan rasa paham bahwa pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional, dan upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Ketiga tingkatkan kesadaran untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (anti korupsi, kolusi, dan nepotisme),” pungkasnya.(Om)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News