Kedapatan Simpan 3 Kilogram Sabu, Warga Pacing Jatisari Dibekuk Ditresnarkoba Polda Jabar

Portal Donasi

BANDUNG - Ditresnarkoba Polda Jabar berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Para tersangka yang berhasil ditangkap yaitu SU (40) alias AL bin SI warga Jalan H. Honein Kel. Cendana Kec. Rantau Utara Kab. Labuan Batu Provinsi Sumut dan YO (29) alias OC warga Dsn Karajan Rt.2 Rw.4 Desa Pacing Kec. Jatisari Kab Karawang.

Barang bukti kasus inu antara lain 3 bungkus plastik sabu merk Guan Yin Wang berat 3100 gram, 1 (satu) paket plastik sedang isi sabu berat 1,5 gram, 1 (satu) botol kecil isi sabu dengan berat bruto 3 Gram, 5 (lima) unit HP berbagai merk (disita dalam penguasaan Tsk SU alias AL), 1 (satu) paket plastik kecil isi Sabu dengan bruto 0,4 Gram, 1 (satu) bong plastik, dan 1 (satu) Unit HP OPPO warna biru (disita dalam penguasaan Tsk YO alias OC ).

"Berat seluruh narkotika jenis sabu yang disita yaitu 3104,9 gram (Tiga Ribu Seratus empat koma sembilan gram)," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga, Sabtu (21/3).

Tempat kejadian perkara kasus ini yaitu di Kp. Cikiara Rt. 06 Rw. 02 Ds. Wanakerta Kec. Bungursari Kab. Purwakarta pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2020 sekitar jam 21.00 Wib.

Saat itu team Ditresnarkoba Polda Jabar telah melakukan tindakan berupa penangkapan, penyitaan dan penggeledahan di rumah Sdr. SU Alias AL dan kedua tersangka tertangkap tangan telah melakukan penyalahgunaan Narkotika Gol I jenis sabu.                

"Saat dilakukan interogasi kedua tersangka membenarkan telah melakukan penyalahgunaan narkotika Gol I jenis sabu dengan cara menggunakan sabu secara bersama sama," ujarnya.

Selanjutnya pada saat dilakukan penggeledahan terhadap Tsk YO Alias OC, petugas menemukan barang bukti sabu di dalam genggaman tangan, bong alat hisap sabu di dalam kamar mandi. Adapun sabu yang ada di genggaman tangan YO alias OC merupakan sabu pemberian dari Sdr. YO (DPO) yang sudah dikenal sejak lama. 

"Tersangka memiliki sabu  didapat dengan cara membeli kepada Sdr KU (DPO) di daerah Medan dengan harga Rp. 800.000.- (delapan ratus ribu rupiah)," ujarnya.

Kemudian setelah dilakukan pengembangan pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 bertempat di dalam gudang yang beralamat di Kp. Cinangka Kel. Bungursari Kab. Purwakarta, diketahui SU Alias AL membawa narkotika Gol I jenis sabu sebanyak 4 Kg namun sabu sebanyak 1 kg telah di serahkan kepada Sdr AG (DPO). 

"Sementara sisa sabu disembunyikan di dalam salon mobil, kemudian salon yang berisi sabu oleh YO Alias OC disembunyikan di dalam gudang. Setelah dilakukan interogasi kedua tersangka menunjukan tempat penyimpanan sabu sehingga berhasil dilakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa 1 (satu) buah kotak salon warna hitam yang didalamnya terdapat 3 (tiga) bungkus teh china isi sabu dengan berat bruto 3.100 (tiga ribu seratus) gram," jelasnya.

Para tersangka kata Erlangga bakal dijerat Pasal 132 ayat (1) dan/atau Pasal 114 ayat (2) dan/atau Pasal  112 ayat (2) Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 thn. 2009 Tentang Narkotika. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News