Dampak Wabah Corona, Pilkada Karawang Resmi Ditunda

Portal Donasi

KARAWANG - Pemerintah bersama DPR RI sepakat menunda pelaksanaan pilkada serentak 2020 termasuk di dalamnya Pilkada Karawang. Keputusan penundaan ini keluar setelah Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di gedung Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Ada empat point kesepakatan dari hasil rapat tersebut. Pertama, DPR menyetujui penundaan pilkada serentak 2020 karena pandemi covid-19 di Indonesia yang belum terkendali. Maka demi keselamatan masyarakat, pilkada serentak harus ditunda.

Kedua, pelaksanaan pilkada lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, pemerintah, dan DPR.

Ketiga, dengan ditundanya pilkada serentak 2020, Komisi II DPR meminta pemerintah menyiapkan payung hukum berupa Peraturan Pemerintah Pengganti UU (PERPPU).

Keempat, Komisi II DPR meminta kepala daerah yang akan menggelar pilkada agar merelokasi dana pilkada untuk penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

Empat point kesepakatan itu tertuang dalam satu surat dan ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri M.Toto Karnavian, Ketua Rapat Ahmad Doli Kurnia, Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, Plt Ketua DKPP Muhammad. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News