Polda Jabar Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

BANDUNG,- Polda Jawa Barat melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak ke seluruh wilayah Provinsi Jabar,Selasa (31/3).

Kegiatan ini sesuai dengan intruksi Kapolri untuk melakukan penyemprotan disinfektan massal serentak dilakukan seluruh Polda serta Polres di Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, Polda Jabar menyiapkan kendaraan sebanyak 2101 kendaraan di seluruh kabupaten dan kota di Jabar.

“Kita siapkan personel dan kendaraan. Untuk kendaraan sebanyak 2101 kendaraan yang diantaranya kendaraan AWC atau water cannon serta dibantu kendaraan pemadam kebakaran dan TNI,” jelasnya, Selasa (31/3).

Untuk jumlah titik yang akan disemprot, yakni berjumlah 754 lokasi.

“Total jumlah personel gabungan sebanyak 8.813. Terdiri dari 3.715 personel Polri, TNI sebanyak 1.390 personel, unsur sebanyak 2.352 personel dan unsur lain 1 356 personel,” terangnya.

Adapun untuk jumlah disinfektan yang akan disemprotkan, sebanyak 1.354.765 liter.

Kepala Biro Operasi Polda Jabar Kombes Stephen M Napiun menerangkan, kegiatan ini dalam rangka Operasi Aman Nusa II, serta sesuai dengan Maklumat Kapolri.

“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga masyarakat yang bekerja dari rumah maupun yang terpaksa harus keluar, tetap dengan rasa aman,” ujar Stephen.

Selain itu, Stephen berharap, di kondisi saat ini masyarakat masih tetap melakukan social distancing maupun physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jabar. Termasuk menjaga budaya hidup sehat.

“Ada tiga keuntungan yang diperoleh dalam keuntungan saat ini, yang diberikan Tuhan sebagai anugerah. Pertama, kita bukan negara atau wilayah yang pertama mengalami, sehingga kita bisa mengantisipasi hal-hal kedepan,” jelas Stephen.

Kemudian, Indonesia masih memiliki sinar ultraviolet yang cukup dan diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terakhir, Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan demikian virus corona tidak menyebar ke seluruh wilayah.

“Dan kita di Jawa Barat, yang memiliki penduduk lebih dari 51 juta, harus benar-benar fight dengan ini, sesuai dengan arahan gubernur dan gugus tugas penanganan Covid-19 di daerah, untuk kepentingan kemanusiaan,” pungkas Stephen.

Di Kota Bandung, penyemprotan disinfektan dilakukan dengan titik start dari Mako Polda Jabar.

Iring-iringan kendaraan kemudian bergerak menuju arah barat dengan rute Jalan Soekarno Hatta - Jalan Terusan Buah Batu kemudian putar arah kembali ke Jalan Soekarno-Hatta - Terminal Leuwipanjang - Jalan Peta - Jalan Soekarno Hatta - Bundaran Cibiru dan kembali ke Mako Polda Jabar. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News