Antisipasi Penyebaran Corona, Pemudik Dan Pendatang Diberi Masker Dan Dicek Suhu Tubuhnya

Portal Donasi

MAJALENGKA,- Pemerintah Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, memberlakukan kebijakan khusus terkait pencegahan Covid 19.

Sebagai desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon ini, Desa Cidenok kini memberlakukan cek suhu tubuh.

Selain itu, pendatang atau tamu yang memasuki desa harus memakai masker, serta membersihkan tangan terlebih dahulu dengan hand sanitizer. Termasuk yang baru saja datang mudik dari kota besar.

Kepala Desa Cidenok, Maman Suparman mengatakan kebijakan  ini diambil sebagai upaya Pemerintahan Desa Cidenok untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kami memberlakukan cek suhu tubuh, membagikan masker kepada pengguna jalan. Itu semua demi pencegahan covid 19.” ungkapnya, Selasa  (7/4)

Maman menambahkan kebijakan ini diberlakukan karena Desa Cidenok merupakan desa perbatasan antara Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Cirebon.

Pihaknya juga memberlakukan kepada pengunjung balai desa untuk menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan, yang telah disediakan sebelum masuk ke balai desa.

“Semua perangkat desa dan relawan mengenakan masker, saat melayani warga di kantor desa,” ungkapnya.

Maman menjelaskan ‎pengecekan suhu tubuh dan pembagian masker bagi pemudik dan pendatang ini, merupakan bukti keseriusan pemerintah desa dalam menangani pencegahan penularan Virus Corona.

Sementara itu batas toleransi suhu tubuh yang diperbolehkan untuk masuk wilayah Desa Cidenok yakni 37,5 derajat Celcius.

“Jikalau ada warga  yang suhu tubuhnya sama atau lebih dari 37,5 derajat Celcius, maka kami akan segera menghubungi tim medis.” ujarnya.

Selain itu Pemerintah Desa Cidenok terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di berbagai blok dan dusun, yakni saat awal beredarnya kabar virus corona.

Sosialisasi tersebut berupa pemasangan spanduk, pembagian brosur, pembagian masker, dan kampanye hidup sehat oleh RT/RW dan lembaga desa lainnya kepada masyarakat.

“Upaya-upaya preventif pencegahan penyebaran virus corona, terus kami lakukan, baik di balai desa, Masjid dan  blok atau dusun. Kami juga mengajak masyarakat untuk sama-sama proaktif mencegah penyebaran virus corona,” pungkas dia. (Man)  
    
    
    

 

Tags:

Berita Terkait

Related News