Puskesmas Garuda Siapkan Ruangan Untuk Korban Covid-19

BANDUNG,- Puskesmas Garuda yang berada di kecamatan Andir Kota menyediakan layanan untuk penanganan Covid-19. Pelayanan tersebut untuk mempermudah memutus mata rantai peyebaran virus.

Walikota Bandung Oded M. Danial meyebutkan, dengan adanya penambahan pelayanan Virus Corona di kota Bandung, masalah ini bisa cepat selesai.

"Saya mengecek setiap pelayanan, fasilitas ruangan, serta melihat ruangan khusus (Poli) bagi pasien Covid-19," kata Oded di lokasi, Selasa (7/4).

Lanjut Oded, UPT Puskesmas Garuda yang sudah menyediakan fasilitas bagi masyarakat di wilayahnya guna penanganan virus corona dapat menjadi pelayanan terbaik untuk menangani kondisi seperti ini.

"Saya melihat di sini nampaknya ruangannya sudah bagus dan  terpisah," jelasnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Garuda, Neni Kurniati mengatakan, pemilihan ruangan dan poli sudah dilaksanakan sebelum virus corona mewabah.

Puskemas terbagi menjadi 3 lantai yaitu, lantai 1 infeksius, lantai 2 Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED), dan antai 3 administrasi.

"Alhamdulillah sebelum terjadi wabah pun kita sudah melaksanakan pembagian dari tingkatannya, perlu diketahui puskesmas Garuda itu ramah anak, dari Garda depan hingga belakang itu ramah anak," ucapnya.

Neni mengatakan, UPT Puskesmas Garuda sudah melakukan prosedur penanganan Covid-19 dengan memasang satu buah tenda emergency. Tenda itu untuk menangani pasien yang sudah masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Kami bekerja sama dengan PMI Kecamatan Andir dengan mendirikan satu buah tenda dan tim medis yang berjaga dalam penanganan virus corona. Hal ini mengantisipasi pasien yang diduga terjangkit Covid-19," tandasnya. (pan)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News