Komisi I DPRD Kabupaten Purwakarta Kunker Ke Kecamatan Kota

PURWAKARTA - Dalam rangka menindaklanjuti Laporan Kinerja Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Purwakarta. Komisi I DPRD Purwakarta, Haerul Amin Prasetyo mendatangi Kantor kecamatan Purwakarta, Senin (20/04/2020).

“Dalam LKPJ itu membahas tentang realisasi pemakaian anggaran maupun kegiatan,” ungkap Haerul.

Untuk pemakaian anggaran, kata Haerul, berjalan secara lancar dan sesuai dengan aturan. Masalah pembangunan juga sudah sesuai dengan deregulasi.

“Cuman masih ada beberapa anggaran yang tidak terserap,” jelasnya kepada awak media.

Kebanyakan, sambung Haerul, anggaran dari pusat karena memang programnya untuk tahun 2019 kemarin kebetulan bersamaan dengan pilpres.

“Contohnya ada dana kelurahan di plot misalnya 3 miliar akan tetapi yang dipakai cuman 1,5 Miliar karena pengirimannya lambat dari pusatnya sebab akhir tahun baru masuk,” katanya.

Artinya, kata dia, ada penyerapan yang kurang maksimal hanya 50 % penyerapannya.Hal itu berakibat pada pengembalian uang kepada BKAD sehingga nantinya pada tahun 2020 ketika uang turun dari pusat akan mengikuti serapan anggaran tahun 2019 tersebut.

“Kalau misalkan serapannya 1,5 miliar maka akan di plot 1,5 Miliar lagi, kalau kemarin kan 3 miliar karena baru terserap 50% mereka tidak lagi kirim 3 miliar akan tetapi cuman 1,5 miliar untuk selanjutnya,” ucap Haerul.

Resikonya adanya pemangkasan anggaran dari pusat dengan dasar melihat serapan tahun sebelumnya. Pihaknya berharap dengan kurang maksimalnya penyerapan anggaran itu kedepannya untuk serapannya bisa maksimal dana dari pusatnya juga maksimal sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat.(Adv)

Tags:

Berita Terkait

Related News