Ketua Komisi I DPRD Jabar Monitoring PSBB Di Ciamis

BANDUNG,- Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Bedi Budiman memonitoring Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Jawa Barat di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Lodaya 2020 di Alun-Alun Ciamis, Selasa (12/5).

Bedi mengapresiasi masyarakat Kabupaten Ciamis yang sudah mengikuti anjuran dari pemerintah, seperti menggunakan masker di luar rumah, mencuci tangan serta physical distancing atau menjaga jarak.

"Kabupaten Ciamis ini melaksanakan PSBB di 27 kecamatan secara menyeluruh. Tentunya ini membutuhkan kedisipilinan dan pengawasan dari pemerintah daerah karena Ciamis ini kan merupakan wilayah perlintasan di jalur Selatan," kata wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Jabar 13 yang meliputi Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran ini.

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemkab Ciamis terkait penerapan PSBB di wilayahnya.

Diantaranya, mendirikan dapur umum yang dikelola oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat, serta pemenuhan kebutuhan beras dan lauk pauk dari pemerintah desa.

"Pemkab Ciamis sudah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Camat dan kades juga telah diinstruksikan lebih maksimal dalam mengawasi serta mengendalikan para pemudik. Pandemi covid-19 ini memang tidak boleh dianggap ringan, semua pihak harus bergotong royong agar wabah ini segera berakhir," ungkapnya.

Ia mengungkapkan jelang lebaran, perlu diwaspadai adanya migrasi penduduk ke Ciamis.

"Peran fungsi pemerintah desa, RT/RW dan masyarakat untuk mengawasi serta melaporkan pelaksanaan pembatasan gerak terhadap warga yang baru datang dari luar kota harus terus dimaksimalkan," tandasnya. (adv)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News