PDI Perjuangan Gelar Seminar Daring Bangkitkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Jabar Di Masa Pandemi Covid-19

Portal Donasi

BANDUNG,- DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menyelenggarakan seminar online bertajuk "Bangkitkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Jabar di Masa Pandemi Covid-19, Rabu (13/5).

Pembicara dalam seminar ini diantaranya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono; MT ASSDA III Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim dan pelaku UMKM Bidang IT Novi Setia Nurviat.

Moderator dalam seminar daring tersebut Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Bertha Musty dan pembawa acara, Deris Friyanto.

Berpartisipasi juga Ketua Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana serta diikuti 196 peserta yang terdiri dari kader PDI Perjuangan se-Jawa Barat dan juga pelaku usaha umum.

Dalam sambuatannya, Ono mengatakan seminar ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya PDI Perjuangan melakukan aksi nyata bersama rakyat memerangi pandemi covid-19.

"PDI Perjuangan juga telah melakukan sejumlah langkah untuk membantu masyarakat terdampak diantaranya mendirikan dapur umum dan program Sejuli, membagikan APD untuk tim medis, masker, hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan," kata Ono.

Menurutnya, akibat pandemi covid-19 ini nyaris seluruh sektor ekonomi terdampak sehingga banyak pelaku usaha harus gulung tikar.

Sebagai partai politik, kata anggota Komisi IV DPR RI ini, PDI Perjuangan mendukung upaya pemerintah salah satunya membangkitkan geliat sektor ekonomi kreatif.

"Program-program pemerintah harus kita dorong bersama, utamanya membangkitkan sektor ekonomi. Mungkin dulu tak pernah terbayangkan bila pelaku usaha harus melakukan sistem distribusi secara daring atau online. Tapi inilah yang saat ini harus dilakukan," ujarnya.

Ono mengatakan agar kini pelaku usaha harus memanfaatkan ruang-ruang sosial media untuk memasarkan produk. Menurutnya, dampak ekonomi harus disikapi dengan matang bergandengan dengan legislatif.

"Hal inilah yang menjadi inti dalam seminar ini, bagaimana bertahan ditengah pandemi. Mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan dan semangat bagi kader-kader PDI Perjuangan yang juga menjadi pelaku usaha," tandasnya.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Pusat Maruarar Sirait mengapresiasi seminar online yang menyasar sektor ekonomi. Pria yang akrab disapa Ara ini mengungkapkan bahwa potensi kader PDI Perjuangan yang menjadi pengusaha juga cukup banyak.

"Saya juga berlatar belakang pengusaha, ada restoran, salon dan juga perkebunan kelapa sawit. Dalam usaha sudah biasa jatuh bangun, yang terpenting jangan putus asa, tetap semangat dan lakukan inovasi untuk bertahan di tengah pandemi," tandasnya. (/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News