DPRD Jabar Minta PPDB Dilaksanakan Secara Daring

BANDUNG,- Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari meminta Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, masyarakat maupun lainnya untuk mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang saat ini dilakukan secara daring akibat wabah COVID-19, agar berjalan lancar.

Dikatakan politisi PDI Perjuangan Jawa Barat ini, ada yang diperlu diperhatikan oleh panitia penerimaan, mengingat tidak adanya komunikasi dengan calon peserta didik maupun dengan orang tuanya.

Selain itu juga, tidak semua masyarakat dapat mengikuti proses tersebut, terutama yang berada di wilayah pelosok. Masalah sinyal maupun koneksi internet dan pemahaman teknologi proses PPDB, dapat menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaannya.

“Inikan PPDB pertama dengan sistem daring. Tentunya yang kami (DPRD) tekankan adalah bagaimana pelaksanaan PPDB dalam situasi saat ini dapat berjalan dengan baik. Ada yang beberapa yang harus diperhatikan dan penekanan bagi para panitia, terutama daerah-daerah yang  mungkin susah sinyal, tidak ada akses (internet). Ini yang perlu diperhatikan," kata Ineu kepada wartawan di Sekretariat PDI Perjuangan Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung Rabu,(13/5).

Ditegaskannya juga, semua masyarakat berhak untuk bisa mengakses, mengikuti proses PPDB. Sosialiasi hingga pembelajaran/tata cara proses PPDB harus gencar dilakukan. Sehingga masyarakat dapat memahami dan mengerti ketika berniat mengikuti proses PPDB.

“Mekanismenya berbeda dengan yang lalu. Saya juga pernah ikut mengawasi PPDB, terutama untuk tingkat SMA/SMK yang menjadi kewenangan Provinsi Jawa Barat. Saat ini sosialiasi pelaksanaan PPDB ini harus betul-betul tersampaikan kepada masyarakat yang ingin mendaftar dan sebagainya. Jangan sampai sosialisasinya tidak tersampaikan dengan baik. Dan tidak semua orang menguasai IT, ini perlu pendampingan juga,”tegasnya.

Ineu kembali menegaskan, dalam pelaksanaannya, masalah transparansi dan keterbukaan baik dari pihak sekolah maupun dinas pendidikan tetap melakukan pemantauan.

“Sehingga pelaksanaan pendaftaran PPDB ini dapat berjalan dengan baik,”pungkas Ineu. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News