Polres Majalengka Budidaya Ikan Lele Dan Hidroponik

MAJALENGKA,- Kepolisian Resort Majalengka melaksanakan kegiatan Program Budidaya Kolam ikan lele, Kangkung dan Tumbuhan Hidroponik di Mako Polsek Talaga.

Polres Majalengka telah menyiapkan seluruh aset, baik itu berupa lahan pertanian maupun perikanan, dalam rangka ketahanan pangan guna menuju New Normal di masa pandemi COVID-19.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso menjelaskan bahwa, Polres Majalengka menyikapi dampak dari mewabahnya COVID-19 yang saat ini sedang berkembang, melalui Program Budidaya Kolam Ikan Lele dan tanaman Kangkung,  

Langkah antisipasi dengan cara menyiapkan asetnya, untuk selanjutnya diolah menjadi lahan pertanian dan perikanan yang mampu mendukung ketahanan pangan.

“Dampak dari pandemi COVID-19, akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan, sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan pertanian baru, yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan menuju New Normal dimasa pandemi COVID-19," kata Bismo.

Ia menyebut, wabah COVID-19 yang menyebar telah memberikan dampak besar terhadap ketersediaan stok pangan, sehingga perlu disiapkan lahan pertanian dan perikanan baru.

Hal ini tentunya cara efektif untuk mencegah terjadinya krisis pangan yang menjadi kebutuhan pokok manusia.

Bismo menambahkan, dengan dilaksanakannya budidaya kolam ikan lele dan tanaman kangkung dengan pemanfaatan lahan di lingkungan Mako Polsek Talaga Polres Majalengka diharapkan dapat mendorong berkembangnya usaha.

Selain itu juga dapat mendukung terwujudnya peningkatan konsumsi protein hewani yang merupakan bagian dari sumber daya ekonomis, yang keberadaanya sangat strategis dalam memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan Nasional.

“Besar harapan, kedepannya budidaya ini menjadi salah satu sumberdaya yang akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat menuju New Normal dimasa pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Dikatakannya, Polres Majalengka telah menghasilkan Panen Budidaya Ikan Lele, Kangkung Dan Tumbuhan Hidroponik dari program ini untuk meningkatkan taraf hidup anggota Polri dan masyarakat yang mapan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat.

Hasil Panen Budidaya Ikan Lele, Kangkung Dan Tumbuhan Hidroponik langsung dibahikan oleh Kapolres Majalengka kepada warga yang terdampak Covid-19.

"Program ini diharapkan mampu dijadikan percontohan dengan tujuan mensejahterakan seluruh anggota, serta masyarakat di Kabupaten Majalengka," tandasnya. (Man)

Tags:

Berita Terkait

Related News