Selain PBB, BPHTB Di Kabupaten Bandung Juga Dapat Diskon

BANDUNG,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung memberikan kelonggaran untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di bawah Rp 500 ribu.

Kepala Bapenda Kabupaten Bandung Usman Sayogi mengatakan, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Insentif Pajak Daerah, PBB di bawah nominal 500 ribu digratiskan.

"Namun dia harus melunasi terlebih dahulu PBB tahun-tahun sebelumnya, apabila yang bersangkutan memiliki tunggakan. Sementara bagi warga yang PBB nya di atas 500 ribu dan di bawah 5 juta, pajaknya dikurangi sebesar 50 persen," jelas Kepala Bapenda.

Bahkan melalui perbup yang sama, pihaknya juga meringankan para pengusaha restoran dan hotel. Yaitu dengan mengurangi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Untuk bulan Mei dan Juni ini, BPHTB restoran dan hotel dikurangi 15 persen. Selain itu, ada pengurangan lainnya yaitu pajak restoran sebesar 50 persen , sedangkan untuk pajak hotel dikurangi 30 persen , dengan catatan pengusaha yang bersangkutan tidak memiliki tunggakan. Pengurangan sebesar 30 persen, juga dikenakan pada pajak reklame," terang Usman Sayogi.

Terkait kemungkinan kegiatan jemput bola juga dilakukan di tempat lain, untuk sementara pihaknya belum memastikan.

"Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan kami sesuai permintaan warga. Sebelumnya kami telah mensosialisasikan kegiatan ini terlebih dahulu di titik sasaran," tuturnya.

Adi (45), salah seorang warga Ciganitri Bojongsoang mengatakan sangat terbantu dengan adanya jemput bola program PBB Gratis tersebut.

"Alhamdulillah pemerintah bisa hadir di komplek kami. Tentu ini sangat memudahkan kami dalam mengurus PBB," tandasnya. (pan)

Tags:

Berita Terkait

Related News