Seorang Warga Desa Kampungsawah Positif Covid-19, Seluruh Anggota Keluarga Dilakukan Tes Swab

KARAWANG - Seorang tenaga buruh harian lepas, MH (21) warga Desa Kampung Sawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang yang bekerja di Tanah Abang-Jakarta diduga positif terpapar corona (COVID-19). Pada Selasa (30/6) seluruh anggota keluarga langsung dilakukan tes swab dan isolasi mandiri selama 14 hari.

Adapun kronologisnya adalah sebagai berikut, pada hari Jum'at 26 Juni 2020, saudara MH, sepulang dari Tanahabang-Jakarta, langsung Ke RS Proklamasi, untuk keperluan membuat keterangan sehat (hasil rapid test Reaktif).

Kepala Desa Kampung Sawah, Adi Kurniadi, pertama kalinya mendapatkan informasi ada warganya yang terpapar Covid-19 dari pihak Puskesmas Medangasem. Dan selanjutnya, tim Nakes Puskesmas Medangasem (konseling) melakukan kunjungan ke rumah yang bersangkutan. 

"Sementara, untuk mengantisipasi penyebaran penularan kami melakukan penyemprotan desinfektan di rumah pasien. Sedangkan pihak keluarga saat ini sudah dilakukan isolasi mandiri," ucap Kades pada portaljabar.net, Selasa (30/6).

Sementara, Camat Jayakerta, Budiman Ahmad, mengatakan, pada Senin (29/6) pukul 17.23 Wib pasien saudara MH, didampingi tim PKM Medangasem dibawa ke RS Paru Jatisari. Hari ini, seluruh anggota keluarga yang berjumlah 4 orang dilakukan Tes Swab oleh tim Gugus Tugas Kabupaten Karawang.

"Sosialisasi kepada masyarakat terus dilakukan secara masif terutama mengenai sejumlah protokol kesehatan yang harus diikuti seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan atau keramaian, hingga menjaga imunitas tubuh. Karena, keberhasilan pengendalian Covid ini sangat ditentukan oleh kedisiplinan dan protokol kesehatan," jelasnya. (wins)

Tags:

Berita Terkait

Related News