Komisi I DPRD Jabar Sambut Baik Perpanjangan PSBB Proporsional Di Bodebek

KOTA BANDUNG,- Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Bedi Budiman menyambut baik perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten dan Kota Bekasi hingga 14 hari ke depan.

PSBB Proporsional di kawasan Bodebek berakhir pada Kamis (2/7) hari ini.

"Kawasan Bodebek ini kan berbatasan langsung dengan DKI Jakarta yang juga melakukan perpanjangan PSBB transisi selama 2 minggu ke depan. Nah PSBB di Bodebek juga menyesuaikan diperpanjang sampai 16 Juli mendatang," kata Bedi usai menghadiri Rapat Evaluasi PSBB  Proporsional di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten dan Kota Bekasi di Gedung Pakuan, Rabu (1/7).

Menurut Bedi, hingga saat ini wilayah Bodebek masih masuk kategori zona kuning. Ia meminta agar pemerintah daerah setempat terus melakukan pengetatan aturan kesehatan pada warganya.

"Harus disiplin menerapkan protokol kesehatan karena banyak warga Bodebek ini bekerja di Jakarta yang notabene angka penyebaran covid-19nya masih dinamis," bebernya.

Selain itu, Bedi menilai langkah Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar untuk melakukan tes masif juga tepat.

"Dengan tes masif virus covid-19 dapat dideteksi sehingga laju penyebaran covid-19 dapat ditekan. Selain itu didapat juga peta persebaran Covid-19 yang komprehensif," tandasnya.

Berdasarkan evaluasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Angka Reproduksi Efektif (Rt) COVID-19 di Bodebek rata-rata di bawah angka 1, kecuali Kota Depok yang ada di angka 1,1.

Sementara Kota Bogor memiliki angka Rt paling kecil di antara daerah Bodebek lainnya, yakni 0,33.

“Kemudian evaluasinya, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi sudah di bawah 1, tapi Kota Depok yang agak rawan angka reproduksi COVID-19-nya di atas 1. Ini harus menjadi perhatian kita bersama,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Adapun untuk menurunkan angka Rt di Bodebek, kata Emil, Gugus Tugas Jabar akan fokus melakukan testing atau pengetesan selama 14 hari masa perpanjangan PSBB Proporsional ini.

“Provinsi Jawa Barat akan fokus di Bodebek untuk tes. Kita akan fokuskan (pengetesan) selama 14 hari,” tandasnya. (adv)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News